Jadikan Orang Tuamu Raja


Alhamdulillah, perjalanan umroh telah tuntas. Titipan doa dari 400 lebih orang (baik lewat website, wa, maupun sms) sudah saya tunaikan. Maaf, saya mendoakannya hanya ketika di Mekah karena ada kendala sinyal internet dan padatnya raudhah di Madinah. Perlu tiga waktu untuk menyampaikan titipan doa tersebut, karena terkadang rasa kantuk menyerang dan sulit dilawan.


Umroh bersama Daqu (Darul Qur’an) Travel kali ini menyimpan banyak kenangan. Selain pembimbingnya, Ust. H. Jamil Micing MA yang telaten. Pelayanannya yang sangat prima juga para pesertanya yang saling dukung satu dengan yang lain. Saya banyak mendapat banyak ilmu dari para jamaah. Salah satunya dari, Budi Harta Winata, seorang pengusaha baja.


Ketika saya tanya rahasia suksesnya menjadi pengusaha, jawabnya singkat, “Jadikan orang tuamu raja, maka rezekinya seperti raja.” Pengusaha yang kini tinggal di Cikarang ini pun bercerita bahwa orang-orang hebat dan sukses yang ia kenal semuanya memperlakukan orang tuanya seperti raja. Mereka menghormati, memuliakan, melayani dan memprioritaskan orang tuanya.


Lelaki asal Banyuwangi ini bertutur, “Jangan perlakukan orang tua seperti pembantu. Sudah tahu orang tua sudah melahirkan dan membesarkan kita, lha kok masih tega-teganya kita minta uang ke mereka padahal kita sudah dewasa. Atau, orang tua diminta merawat anak kita sementara kita sibuk bekerja. Bila ini yang terjadi maka rezeki orang itu, rezeki pembantu karena ia memperlakukan orang tuanya seperti pembantu. Walau suami-istri bekerja, rezekinya tetap kurang bahkan nombok setiap bulannya.”


Dari diskusi itu, kami pun melakukan survey kecil-kecilan kepada jamaah umroh. Kami bertanya anaknya berapa? Siapa yang paling sukses? Siapa yang paling susah? Ternyata jawabnya semua sama. Anak-anak yang sukses adalah yang memperlakukan orang tuanya seperti raja. Dan anak-anak yang sengsara hidupnya adalah mereka yang sibuk dengan urusan dirinya sendiri dan sedikit mengabaikan orang tuanya.


Mari terus berusaha keras agar kita bisa memperlakukan orang tua seperti raja. Buktikan dan jangan hanya ada di angan-angan. Mulailah dari sekarang…


Salam SuksesMulia!


Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook





Like Fanpage kami :

Sunday, January 25, 2015

Post a Comment
close