MS Kaban: Partai Bulan Bintang Tak Bisa Disamakan Dengan Masyumi

Hidayatullah.com- Partai Bulan Bintang (PBB) tidak bisa disam­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­akan dengan Masyumi. Sebab, jaman dan situasinya berbeda, serta komunitas masyarakat juga sudah berubah.

Demikian pernyataan yang disampaikan Ketua Umum DPP PBB, DR. MS Kaban, S.E, M.Si kepada hidayatullah.com usai acara Seminar Nasional Pimpinan Partai Menyongsong Mukhtamar IV PBB di Markas Besar DPP PBB, Jakarta, Selasa (27/01/2015) Siang.


Menurut MS. Kaban di awal Masyumi, berteman dengan berdirinya Republik itu sangat kental dengan ideologi dan pertarungan ideologi sangat kuat.


“Tetapi, sekarang masyarakat lebih memilih jika agama jangan dikaitkan dengan politik,” tegas MS. Kaban.


Jadi, lanjut MS. Kaban banyak orang orang yang bergerak di lembaga-lembaga dakwah tetapi mereka tidak mau memperjuangkan partai politik misalnya. Sebab, menurutnya cara berpikir mereka sudah berubah.


“Masyumi sendiri pun pada waktu zamannya sampai tahun 60an sebelum berhadapan dengan Bung Karno, meskipun seluruh ormas islam mendukung Masyumi, tetap saja Islam belum menang,” ujar MS. Kaban.


Menurut MS. Kaban, hal itu harus disadari oleh umat, jika Islam belum pernah menang di Indonesia, Islam belum pernah berkuasa di indonesia.


“Nah, PBB muncul untuk menggugah kesadaran itu. Untuk membangun Indonesia yang bernuasna rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala itu tidak mungkin tanpa spirit islam dan nilai-nilai islam yang diimplementasikan di dalam sistem kekuasaan (politik) itu,” tegas MS. Kaban.


Jadi, menurut MS. Kaban perjuangan PBB itu adalah perjuangan Islam melalui politik.


Bagaimana Islam itu bisa sukses cepat atau lambat, lanjutnya, selama PBB masih memiliki kesempatan untuk berjuang di Indonesia sesuai dengan koridor-koridor yang ada serta dengan daya tahan yang ada, maka PBB tetap akan terus berjuang.*






Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Tuesday, January 27, 2015

Post a Comment
close