Pukul Mundur ISIS/ISIL Pasukan Kurdi Kuasai 90% Kobane

Berita Internasional Update

Hidayatullah.com–Pasukan Kurdi sekarang mengusai sedikitnya 90 persen kota Kobane, Suriah, setelah mengambil alih sejumlah daerah kunci dari tangan ISIS/ISIL, kata Syrian Observatory for Human Rights dilansir Aljaeera Senin (26/1/2015).


Observatory, kelompok pro-oposisi Suriah berbasis di London, mengatakan sumber-sumber yang bisa diandalkan mengabarkan bahwa pasukan YPG (Unit Perlindungan Rakyat Kurdi) telah berhasil mendorong keluar pasukan ISIS/ISIL hingga ke luar kota Kobane.


Sejumlah sumber mengatakan kepada Observatory bahwa ISIS/ISIL mengirimkan sebuah brigade yang terdiri dari 140 anggota untuk menghadapi pasukan YPG. Kebanyakan dari anggota brigade ISIS/ISIL itu berusiadi bawah 18 tahun dan baru direkrut.


YPG yang kerap didukung pasukan Kurdi Peshmerga masih memerangi ISIS/ISIL di pinggiran timur Kobane, kata Observatory.


Pasukan YPG bergerak maju dengan hati-hati karena ISIS/ISILtelah menanam sejumlah ranjau sebelum mereka meninggalkan kota itu.


Sementara itu jurnalis Aljazeera Bernard Smith mengatakan bahwa terdapat kabar yang menyebutkan pasukan ISIS/ISIL menarik mundur persenjataan berat mereka dari kota itu.


Pasukan koalisi asing pimpinan Amerika Serikat membantu YPG dan kelompok lainnya memerangi ISIS/ISIL di Kobane. Pasukan koalisi itu memulai operasinya di Iraq pada bulan Agustus tahun lalu dan di Suriah pada bulan September. Mereka telah melancarkan sedikitnya 2.000 serangan udara.*





Like Fanpage kami :

Monday, January 26, 2015

Post a Comment
close