Training Combad Integrity di PT. Rekayasa Industri


Apakah para karyawan sudah menerapkan prinsip integritas dalam keseharian mereka bekerja di perusahaan? Untuk menjadi sosok yang berintegritas, Anda perlu memimpin pikiran, perasaan dan tindakan diri. Ini dinamakan dengan mengambil kontrol terhadap diri. Ada 3 ring dalam menerapkan prinsip-prinsip integritas, yaitu Direct action, Recommending action dan Response action.


Ring 1 – Direct action: adalah berupa tindakan nyata yang bisa kita lakukan, dan ketika dilakukan atau tidak maka dampaknya akan langsung kembali kepada kita. Misalnya saat mengerjakan job desc kita sendiri. Direct action ini adalah salah satu bentuk integritas, yaitu ‘commit’ kepada apa yang menjadi tanggung jawab.


Ring 2 – Recommending action: adalah berupa tindakan dalam bentuk rekomendasi (baik dalam bentuk saran, permintaan, masukan, atau sekedar menyampaikan informasi yang berbasis fakta). Misalnya saat memberikan feedback kepada departemen lain, memberikan usul kepada atasan, memberikan saran kepada pihak HR, dan lain-lain. Jika kita tahu ada yang ‘salah’, atau ada usulan solusi sebaiknya seperti apa pihak lain (di luar kontrol kita, tapi bisa kita pengaruhi), maka kita wajib menyampaikan hal tersebut sebagai wujud integritas kita.


Ring 3 – Response action: adalah berupa bentuk respon yang kita pilih untuk ditampilkan terhadap hal-hal yang berada di luar pengaruh dan di luar kontrol kita. Bentuk respon terbaik adalah dengan bersikap positif. Bersikap positif berarti berupaya merespon setiap hal tadi dengan ‘melihat’ sisi hikmah, dan juga sisi ‘room for improvement’, minimal bagi diri sendiri, maksimal bagi perusahaan. Jika ini kita lakukan, berarti kita juga tengah menegakkan integritas.


Training Combad Integrity untuk karyawan PT. Rekayasa Industri di IPMI Kalibata pada yang lalu juga membahas mengenai integritas karyawan. Tujuan diadakan training ini adalah agar para karyawan memilki integritas yang tinggi dalam bekerja. Dan selain itu mereka juga bisa menjadi agen integritas di tempat kerja. Peserta banyak sekali sharing dan bertanya terkait dengan problem atau improvement yang mereka hadapi saat ini, sehingga kelas menjadi aktif dan menyenangkan. Peserta juga kini siap mengaplikasikan nilai-nilai integritas ke dalam sikap kerjanya sehari-hari.


NB: Untuk membaca artikel lainnya tentang Kubik Training, silahkan kunjungi http://www.kubiktraining.com





Like Fanpage kami :

Wednesday, January 28, 2015

Post a Comment
close