Bosnia Tangkap 6 Orang yang Berencana ke Suriah

Berita Internasional Update

Hidayatullah.com–Kepolisian Bosnia hari Rabu (18/2/2015) menangkap 6 orang dengan tuduhan berencana pergi ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok ISIS/ISIL atau organisasi yang mengatur perjalanannya, kata pihak kejaksaan.


Kejaksaan Bosnia mengatakan dalam sebuah pernyataannya bahwa keenam orang itu merupakan anggota dari “gerakan-gerakan keagamaan radikal” dan sebagian dari mereka sedang dalam perjalanan menuju Suriah di mana mereka bermaksud untuk bergabung dengan pasukan ISIS/ISIL.


Sebagian tersangka ditangkap di bandara Sarajevo. Lainnya dihentikan di perbatasan di wilayah barat daya Bihac dan kota Maglaj di utara.


Intelijen Bosnia memperkirakan sekitar 200 warga Bosnia telah bergabung dengan kelompok-kelompok militan di Iraq atau Suriah, lansir AFP dari media lokal. Hampir 30 di antara mereka sudah tewas dan sekitar 40 orang telah pulang ke Bosnia.


Tahun lalu negara Balkan itu memberlakukan sebuah undang-undang yang memberikan hukuman sampai 10 tahun penjara bagi militan dan perekrutnya.


Kasus pertama di persidangan yang menggunakan peraturan itu mulai diproses Januari kemarin dengan terdakwa seseorang yang dituduh merekrut militan.


Husein Bosnic, yang dianggap sebagai seorang tokoh gerakan Islam di Bosnia, didakwa mendorong para pengikutnya berangkat ke Suriah dan Iraq untuk bergabung bersama kelompok-kelompok bersenjata Muslim, saat dia berceramah di sejumlah kota di Bosnia tahun 2013 dan 2014.


Musim Bosnia mencakup 40% dari negara dengan populasi 3,8 juta jiwa itu, lansir AFP.*





Like Fanpage kami :

Wednesday, February 18, 2015

Post a Comment
close