Cara Mudah Mengenalkan Akuntansi kepada Non Akuntan

Kebanyakan perusahaan untuk usaha besar biasanya mempekerjakan satu atau lebih akuntan. Bahkan bisnis yang sangat kecil pun kita bisa menemukan usaha yang bekerja sama dengan para akuntan. Walaupun dengan cara part time, karena gaji akuntan itu mahal. Anda tentu bertanya-tanya mengapa demikian? Mungkin apa yang anda pikirkan pertama bahwa akuntan menyimpan buku-buku dan catatan dari kegiatan keuangan perusahaan. Di samping itu akuntan melakukan fungsi lain yang penting tetapi tidak dikenal dalam perusahaan.


Tugas akuntan di perusahaan adalah:



  • Akuntan melaksanakan fungsi operasi kantor yang menjaga bisnis tetap berjalan lancar dan efektif termasuk pembayaran gaji,penerimaan kas dan pengeluaran kas, pembelian bahan dan stok, dan catatan kekayaan lainnya.

  • Akuntan mempersiapkan pengembalian pajak, termasuk pajak penambahan nilai (PPN) kembali untuk perusahaan (restitusi PPN), serta gaji dan investasi pajak lainnya.

  • Akuntan menentukan bagaimana mengukur dan mencatat biaya produk dan bagaimana mengalokasikan biaya bersama di antara departemen yang berbeda dan unit organisasi lain di perusahaan itu.

  • Akuntan merupakan pencatat angka laba secara professional dalam dunia bisnis. Berarti akuntan adalah orang-orang yang menentukan dengan tepat berapa banyak keuntungan perusahaan itu bisa diperoleh. Di samping itu akuntan mengetahui berapa banyak kerugian dalam perusahaan selama periode tersebut. Akuntan menyiapkan laporan untuk manajer perusahaan, menjaga mereka dari informasi tentang biaya dan pengeluaran. Bagaimana penjualan diadakan,apakah saldo kas yang ada sudah cukup memadai dan bagaimana situasi saham hari ini. Dari semua itu, yang paling penting, akuntan membantu para manajer memahami perubahan atas kinerja dalam perusahaannya.

  • Akuntan menyiapkan laporan keuangan yang membantu pemilik dan pemegang saham perusahaan untuk memahami dimana perusahaannya berdiri secara finansial. Pemegang Saham tidak akan berinvestasi di perusahaan tanpa pemahaman yang jelas tentang kesehatan keuangan yang rutin diberikan sebagai laporan keuangan itu.


Singkatnya, pekerjaan akuntan jauh melebihi dari pemegang buku (tukang mencatat transaksi). Mereka menyediakan keahliannya dalam membantu manajer perusahaan untuk membuat keputusan informasi yang menjaga perusahaan ini berada di jalur yang benar, yaitu menuju tujuan keuangannya yang positif.


Neraca, Laporan laba dan rugi, dan Laporan Arus Kas merupakan inti dari laporan keuangan kepada orang-orang di luar perusahaan yang tetap membutuhkan informasi tentang keuangan perusahaan.


Perseorangan telah menginvestasikan modal ke dalam perusahaan, atau perusahaan meminjami mereka dengan uang. Karena itu mereka memiliki kepentingan keuangan dan seberapa baik bisnis mereka jalankan. Laporan keuangan utama ini juga digunakan oleh manajer dari sebuah perusahaan untuk menjaga diri dari informasi tentang apa yang terjadi dan posisi keuangan perusahaan. Benar-benar penting bagi mereka untuk membantu manajer untuk mengontrol kinerja bisnis, mengidentifikasi masalah, dan merencanakan arah masa depan bisnis. Manajer perlu juga kebutuhan informasi lain yang tidak dilaporkan dalam laporan keuangan yang tiga dasar tadi.


Artikel ini hasil kerjasama PengusahaMuslim.com dan Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia .



  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328

  • DONASI hubungi: 087 882 888 727

  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial





Like Fanpage kami :

Wednesday, February 4, 2015

Post a Comment
close