Dipimpin Jurnalis Berpendidikan Amerika, TV Alarab Mulai Mengudara

Berita Internasional Update

Alarab akan bersaing dalam televisi berita di pasar Arab yang sudah cukup padat



Dipimpin Jurnalis Berpendidikan Amerika, TV Alarab Mulai Mengudara

Pangeran Alwaleed bin Talal.




Hidayatullah.com–Alarab, sebuah stasiun televisi baru pan-Arab, hari Ahad (1/2/2015) mulai mengudara dari markasnya di Manama, Bahrain.


Stasiun televisi milik Kingdom Holding Co pimpinan Pangeran Alwaleed bin Talal –orang Arab terkaya– itu dinahkodai oleh seorang jurnalis, kolumnis dan editor Arab Saudi kelahiran Madinah, lulusan Amerika Serikat, bernama Jamal Khashoggi.


Alarab merupakan pengalaman kerja pertama bagi Khashoggi dalam bidang industri pertelevisian. Dia sebelumnya menjadi pemimpin redaksi koran Al-Watan dan wakil pemimpin redaksi Arab News. Di masa lampau dia banyak menulis untuk koran Al-Hayat.


Alarab akan bersaing dalam televisi berita di pasar Arab yang sudah cukup padat. Pesaing beratnya antara lain Al-Arabiya, Aljazeera, Sky News Arabia, BBC Arabic, France24 Arabic dan RT Arabic.


Alarab mengunggulkan sejumlah program berita. Berita harian pukul 9 malam dikhususkan untuk isu-isu di Arab Saudi. Acara bincang-bincang pukul 10 malam ditayangkan tiap hari kerja dari studio mereka di Riyadh. Penyiar televisi terkenal asal Iraq, Laila Al-Shaikhli, akan menyiarkan program khusus Al-Mashhad yang ditayangkan pukul 11 malam.


Siang hari waktu siaran Alarab banyak dialokasikan untuk berita seputar bisnis, termasuk program unggulan yang diambil dari Bloomberg TV.


Konten siaran difokuskan pada berita dari kawasan Arab, mulai Maroko di ujung Afrika hingga kawasan Teluk.


Khashoggi mengatakan lembaga penyiarannya akan menampilkan informasi yang akurat dan obyektif, menghindari bias dalam pemberitaan, serta tidak memihak salah satu kubu, lansir Arab News.*






Like Fanpage kami :

Sunday, February 1, 2015

Post a Comment
close