Foto-foto Monumen Islam di India Dipamerkan di Istiqlal


46 foto menampilkan sejumlah masjid dan peninggalan kerajaan Islam di India.



Foto-foto Monumen Islam di India Dipamerkan di Istiqlal

Sekjen Kemenag Nur Syam menyaksikan foto-foto monumen Islam yang dipamerkan di Masjid Istiqlal, Jakarta.




Hidayatullah.com–Foto-foto “Monumen Islam di India” karya fotografer India, Benoy K. Behl dalam rangkaian Festival of India in Indonesia 2015, dipamerkan di Masjid Istiqlal, Jakarta, mulai Senin (16/2/2015). Secara keseluruhan terdapat 60 foto, dengan 46 foto menampilkan sejumlah masjid dan peninggalan kerajaan Islam di India.


Empat belas foto lainnya menggambarkan asrsitektur masjid di Indonesia.


Pembukaan pameran dilakukan Sekjen Kemenag Nur Syam, dengan dihadiri Dubes India untuk Indonesia dan Timor Leste Gurjit Singh.


Sekjen Nur Syam mengatakan, dalam relasi keagamaan, Islam di Indonesia di antaranya disebarkan melalui para pedagang di Gujarat dan Malabar India, sehingga sesungguhnya relasi India dan Indonesia bukan hanya terjadi sekarang, tetapi terjadi sangat lama dan memiliki makna religius yang penting. Islam menjadi mayoritas di Indonesia tidak lepas dari peran pedagang India ini.


Dalam relasi kebudayaan, Indonesia dan India memiliki kesamaan sebagai negara dengan pluralitas dan multikulturalitas luar biasa. Sejumlah agama besar lahir dan tumbuh di India dan kemudian berkembang juga di Indonesia.


“India negara dengan mayoritas beragama Hindu, namun ikon negara India adalah Taj Mahal. Sedang Indonesia yang mayoritas Islam, namun menjadikan Borobudur sebagai ikon negara,” kata Nur Syam, dalam laman Kemenag.*







Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Monday, February 16, 2015

Post a Comment
close