Israel Membeli Belasan Jet Tempur Siluman F-35 dari Amerika

Berita Internasional Update

Industri Israel terlibat dalam pembuatan pesawat dan suku cadangnya.




Hidayatullah.com–Israel membeli 14 pesawat tempur siluman F-35 dari perusahaan mesin perang asal Amerika Serikat, Lockheed Martin, dengan harga masing-masing sekitar US$110 juta, kata Kementerian Pertahanan hari Ahad (22/2/2015), lansir AFP.


“Kementerian Pertahanan akan membeli tambahan 14 F-35 sekitar $3 milyar, masing-masing pesawat satunya berharga rata-rata $110 juta,” kata kementerian Zionis dalam pernyataannya.


Perjanjian jual-beli pesawat tempur bernilai US$2,82 milyar itu, yang termasuk di dalamnya elemen teknologi dan pelatihan, ditandatangani akhir pekan kemarin setelah disetujui oleh sebuah komite menterian pada Nopember 2014.


Perjanjian itu mencakup pembelian 14 pesawat tempur siluman dan opsi untuk membeli 17 lagi. Kesepakatan itu merupakan kelanjutan dari perjanjian yang ditandatangani tahun 2010 tentang pembelian 19 pesawat F-35.


Kiriman pertama pesawat tersebut diperkirakan akan tiba di Israel pada akhir 2016.


Ketika pertama kali kesepakatan itu diumumkan tahun 2010, Kementerian Pertahanan Zionis mengatakan bahwa bagian penting dari perjanjian itu adalah diperbolehkannya industri Israel terlibat dalam pembuatan pesawat dan manufaktur suku cadangnya.*







Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Sunday, February 22, 2015

Post a Comment
close