Konggres Umat Islam Lahirkan Risalah Yogyakarta

dien syamsudin acara kuiiYOGYAKARTA, Muslimdaily.net – Selama tiga hari Konggres Umat Islam Indonesia ke VI berhasil digelar dengan lancar di Hotel Inna Garuda Yogyakarta. Dari acara itulah dihasilkan sebuah keputusan yang diberi nama Risalah Yogyakarta. Risalah tersebut di bacakan oleh Prof Dr Din Syamsudin pada acara penutupan Rabu (11/2/2015) yang juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.


“Bahwa dalam rangka amar ma’ruf nahi mungkar umat Islam bersama seluruh komponen bangsa bertekad meluruskan kiblat bangsa demi terwujudnya Negara Indonesia yang merdekak berdaulat adil dan makmur” ujarnya.


Berdasarkan tersebut Konggres Umat Islam Indonesia ke VI memberikan beberapa rekomendasi diantaranya,


Menyeru kepada umat Islam untuk bersatu pada untuk membangun kekeuatan politik, ekonomi dan sosial budaya umat Islam Indonesia yang berkeadilan dan berperadapan.


Menyeru kepada penyelenggara negara dan kekuatan politik nasional untuk mengembangkan praktik politik yang berakhlakul karimah


Selanjutnya menyeru kepada penyelenggara negara untuk berpihak kepada masyarakat lapis bawah (dhuafa dan mustadh’afin). Serta pembangunan ekonomi berbasis syariah.


Menyeru kepada seluruh komponen umat Islam Indonesia untuk bangkit untuk meningkatkan kapasitas SDM umat.


Menyeru pemrintah dan lapisan masyarakat untuk menghidarkan diri dari budaya yang tidak sesuai dengan syariat seperti penyalahgunaan narkoba, minuman keras, pornografi, pergaulan bebas dan perdagangan manusia.


Menyatakan prihatin dengan derasnya arus liberalisasi budaya dan ekonomi.


“Dan yang terakhir adalah memprihatinkan kondisi umat Islam dibeberapa dunia khususnya di Asia yang mengalami perlakuan diskriminatif dan tidak memperoleh hak-haknya sebagai warga negara” tutupnya.






Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Thursday, February 12, 2015

Post a Comment
close