Lagi-Lagi Wakil Rakyat Turki Adu Jotos di Parlemen

Berita Internasional Update

Perkelahian itu merupakan yang kedua kalinya dalam pekan ini.




Hidayatullah.com–Hari Kamis (19/2/2015) sekali lagi insiden saling memukul dan menendang terjadi di parlemen Turki, setelah para politisi berseteru soal rancangan undang-undang keamanan negara.


Ketegangan memuncak pada saat pembahasan RUU kontroversial itu, yang bersikeras untuk diloloskan pemerintah meskipun banyak protes dari rakyat.


Ketegangan dimulai saat Sadik Yakut, wakil jurubicara (wakil ketua) parlemen asal partai penguasa AKP, salah menyebut nama anggota parlemen pro-Kurdi, Adil Zozani, ketika wakil dari Partai Rakyat Republik (CHP) Sezgin Tanrikulu menyampaikan pidatonya. Pertikaian lantas terjadi antara Yakut dan Tanrikulu. Keadaan semakin memanas setelah Mahir Unal dari AKP ikut campur. Akhirnya sejumlah politisi dari partai oposisi dan partai pemerintah lainnya ikut ambil bagian dalam aksi pukul, tinju dan tendang itu selama 15 menit.


Kejadian itu merupakan yang kedua dalam pekan ini.


Sebelumnya pada perkelahian hari Selasa malam (17/2/2015) di gedung yang sama, empat anggota CHP –Aykut Erdogdu, Musa Cam, Refik Eryilmaz dan Mahmut Tanal– serta seorang anggota HDP, Ertugul Kurkcu, terluka akibat dihajar para politisi AKP.


Erdugu dipukul di bagian dada dengan palu ketua majelis. Sementara Cam dilarikan ke rumah sakit setelah jatuh pingsan. Cam yang meninggalkan rumah sakit pada hari Kamis, mengatakan bahwa dokter menyuruhnya istirahat dua pekan akibat luka-luka di dadanya.


Menurut RUU yang bersikeras diloloskan oleh partai pemerintah dan berusaha digagalkan oleh oposisi itu, polisi akan diberi kewenangan untuk menahan seorang tersangka selama 48 jam tanpa persetujuan kejaksaan. Tidak hanya itu, tersangka tidak boleh didampingi oleh pengacara selama masa tahanan. Polisi juga akan diperbolehkan untuk mencari orang-orang, menggeledah kantor dan kendaraan mereka hanya berdasarkan pada “kecurigaan yang masuk akal” tanpa perlu izin dari kejaksaan, lansir Today’s Zaman.*






Like Fanpage kami :

Friday, February 20, 2015

Post a Comment
close