Mensupport Sahabat


Di dalam pekerjaan dan kehidupan pasti ada orang yang satu level (posisinya sejajar). Apabila di kantor ditandai dengan jabatan yang sama, maka di dalam bisnis ditandai dengan omzet yang tidak terlalu beda. Sementara dalam kehidupan di tengah-tengah masyarakat ditandai dengan tingkat sosial ekonomi yang hampir sama.


Kita bisa memberi pengaruh kepada mereka dengan cara mensupport mereka. Bagaimana caranya? Ada tiga hal yang perlu Anda lakukan. Pertama, utamakanlah saling melengkapi bukan saling menyaingi. Setiap orang pasti punya kelebihan masing-masing. Gunakan kelebihan Anda untuk mensupport mereka.


Tidak perlu berpretensi menguasai kelebihan yang dimiliki sahabat Anda. Fokuslah mengasah kelebihan dan kekuatan Anda. Hidup itu saling melengkapi bukan saling menyaingi. Gunakan kelebihan dan kekuatan Anda untuk menyempurnakan pekerjaan mereka.


Kedua, mendorong ide terbaik untuk menang. Orang yang ngotot dengan ide dan gagasannya di saat ada ide yang lebih baik kemungkinan besar ia justru akan kehilangan pengaruh. Mengalah tidak berarti kalah. Mengakui ide yang lebih baik itu pertanda bahwa Anda memiliki mental pemenang. Pengaruh Anda justru akan semakin meluas dan menguat saat Anda dengan tulus mengapresiasi ide orang lain yang lebih baik.


Buktikan Anda mengakui ide terbaik bukan hanya di ruang rapat atau diskusi, lakukan juga saat ide itu dieksekusi menjadi aksi. Lakukan bagian dari tugas Anda dengan penuh suka cita.


Ketiga, jadilah sahabat sejati bukan hanya karena pekerjaan. Temukan kesamaan-kesamaan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan kemudian lakukanlah bersama. Hal-hal sederhana seperti bersepeda bersama, pergi ke tempat ibadah bersama dan menikmati acara yang sama akan membangun kesamaan chemistry yang semakin kuat.


Sediakan waktu untuk mendengarkan dan bercanda. Jangan lupa, saat sahabat Anda keliru maka Anda menjadi orang terdepan yang mengingatkan mereka. Mungkin akan mengganggu sedikit keakraban namun dalam jangka panjang itulah cara Anda mensupport sahabat Anda dengan benar.


Mulai sekarang, biasakanlah tiga hal tersebut di atas. Percayalah, di kemudian hari pengaruh Anda kepada para sahabat yang satu level akan semakin menguat. Tidak percaya? Coba dulu dong.


Salam SuksesMulia!


Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook





Like Fanpage kami :

Sunday, February 1, 2015

Post a Comment
close