PM India Nerendra Modi Batal Jadi Sesembahan Kuil di Gujarat

Berita Internasional Update

Hidayatullah.com–Pihak berwenang di wilayah Gujarat, India, menghancurkan sebuah kuil Hindu yang dibangun untuk menyembah Narendra Modi, perdana menteri India yang dianggap dewa oleh pengagumnya.


Ratusan pengikut Modi di Rajkot mengumpulkan dana untuk membangun kuil yang di dalamnya terdapat patung perdana menteri India itu sebagai dewa sesembahan. Di atas kuil Hindu itu dibuatkan pula semacam kincir angin yang berbentuk seperti bunga teratai, simbol dari partai nasionalis India Bharatiya Janata (BJP), lansir Reuters.


Sebelumnya pada hari Rabu (11/2/2015) Modi menyatakan terkejut bahwa ada sebagian pengagumnya yang mendirikan kuil tempat memuja dirinya.


Dia mengatakan lewat Twitter bahwa hal tersebut melawan tradisi India.


Tidak terpengaruh dengan reaksi negatif dari Modi, Jayesh Patel, pemimpin kelompok pendiri kuil itu, mengatakan kepada BBC Hindi bahwa kuilnya akan tetap dibuka, tetapi patung Modi akan diganti dengan patung Ibu India.


“Keyakinan kami masih tetap sama, tetapi sekarang tidak ada lagi patung (sesembahan) Modi,” kata Patel dikutip BBC Kamis (12/2/2015).


BBC melaporkan kuil itu berada di desa Kotharia, kampung halaman Modi di negara bagian Gujarat. Letaknya sekitar 210km dari kota terbesar di Gujarat, Ahmedabad.


Sekitar 350 pengagum Modi mengumpulkan uang untuk membangun kuil beratap kubah itu. Awalnya di sana hanya dipajang foto Modi, politisi BJP yang pernah menjadi menteri utama Gujarat dari tahun 2001 sampai akhirnya menjadi perdana menteri. Kemudian pengikutnya menganti foto itu dengan patung sesembahan berwujud Modi seharga 170.000 atau sekitar US$2.724.


“Kami yakin dia adalah reinkarnasi dewa sebab setelah dia menjadi menteri utama Gujarat semuanya berubah menjadi lebih baik,” kata salah satu pemujanya Ramesh Undhad kepada AFP.


Meskipun Modi batal jadi sesembahan di kuil Hindu di Gujarat, tetapi masyarakat di Uttar Pradesh masih ada yang menyembah patung Modi.


Di masyarakat Hindu India, tokoh-tokoh terkenal tidak jarang dijadikan sesembahan oleh para pengagumnya. Di antara adalah Indira Gandi dan bekas bintang film yang menjadi politisi, NT Rama Rao *





Like Fanpage kami :

Thursday, February 12, 2015

Post a Comment
close