Sekjen GCC Kecam Imam Syiah Iran atas Ucapan Selamat kepada Muslim Terkait Kematian Raja Abdullah

Berita Internasional Update

"Kita harus mengucapkan belasungkawa kepada rakyat Israel dan Amerika dan mengucapkan selamat kepada Muslim," kata imam Syiah di Teheran




Hidayatullah.com–Sekretaris Jenderal Dewan Kerjasama Teluk (GCC) Abdul Latif Al-Zayani mengecam seorang pejabat Iran yang mengucapkan selamat atas kematian Raja Abdullah di Saudi, dengan mengatakan pernyataan itu “tidak bertanggungjawab.”


Pekan lalu Ketua Dewan Wali Iran dan imam Jumat di Masjid Teheran, Ahmad Jannati, mengucapkan selamat kepada umat Muslim atas kematian Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz.


“Kita harus mengucapkan belasungkawa kepada rakyat Israel dan Amerika dan mengucapkan selamat kepada Muslim,” kata Jannati saat khutbah Jumat di Teheran, lapor kantor berita Mehr.


Menanggapi pernyataan tokoh Syiah Iran itu, Al-Zayani berkata, “Pelecehan Jannati atas tokoh besar dunia Arab dan Islam yang mengabdikan dirinya untuk melayani Islam dan Muslim, serta membela isu-isu Arab, Islam dan kemanusiaan itu adalah tidak bertanggungjawab.”


“Pernyataan bermusuhan dan kasar semacam itu yang dibuat oleh seorang pejabat Iran hanya akan melebarkan celah antara negara-negara GCC dengan Iran,” kata Al-Zayani dikutip Gulf News Senin (2/2/2015).


Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab Dr. Anwar Muhammad Gargash hari Sabtu kemarin menjadi pejabat negara Teluk yang pertama mengecam pernyataan Jannati tersebut.


“Serangan oleh imam masjid Jannati atas mendiang Raja Abdullah bin Abdulaziz kami dan atas kehidupannya itu mengandung nada sektarian,” kata Gargash lewat akunnya di Twitter.


“(Pernyataan) itu menarget kami semua dan hubungan Iran dengan negara-negara Arab,” imbuhnya.


Dr. Gargash menegaskan bahwa masjid seharusnya tidak dijadikan tempat untuk melancarkan serangan atas orang yang telah wafat.


Raja Abdullah bin Abdulaziz meninggal dunia tepat pukul 1 dini hari Jumat 23 Januari 2015. Kabar kematiannya mengundang belasungkawa dan ungkapan dukacita atas pemimpin Arab Saudi yang dikenal jasanya membela kepentingan Muslim dan kemanusiaan di berbagai belahan dunia itu, baik dari kalangan pengguna media sosial maupun para pemimpin dunia.*






Like Fanpage kami :

Sunday, February 1, 2015

Post a Comment
close