Studium Generale I SPI #IndonesiaTanpaJIL Membahas Sirah Nabawiyah


Setelah sukses menggelar di Jakarta, SPI #IndonesiaTanpaJIL pada periode ini membuka pendaftaran untuk wilayah Jakarta dan Bandung




Hidayatullah.com–Setelah sukses pada periode pertamanya di bulan September-November 2014, Sekolah Pemikiran Islam (SPI) #IndonesiaTanpaJIL kini kembali dibuka untuk periode Maret-Mei 2015. Pembukaan periode baru ini diawali dengan digelarnya sebuah Studium Generale yang sedianya akan dilaksanakan di Aula Rabbani Lt. 5, Jl. Pemuda No. 1, Rawamangun, Jakarta Timur.


Studium Generale pertama pada periode ini menghadirkan Asep Sobari, Lc. sebagai narasumber. Founder Sirah Community Indonesia (SCI) yang juga dikenal sebagai peneliti INSISTS dan pengurus MIUMI ini akan membawakan sebuah kajian dengan tema “Buah Dakwah Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wassalalam: Transisi Masyarakat Jahiliyyah Kepada Islam”.


“Kita semua mengenal jaman sebelum Islam sebagai era jahiliyyah. Meski demikian, masih begitu banyak detil yang tidak kita ketahui dari jaman tersebut, apalagi sebagian besar dari kita memang sudah terlahir sebagai Muslim. Kita perlu mendalami sejarah untuk mengetahui bagaimana Islam mengubah manusia dan masyarakat,” ujar Muhammad Irfan Nail, Kepsek SPI untuk wilayah Jakarta.


Meski era jahiliyyah sudah lama lewat, namun perilaku jahil masih ada hingga kini. Oleh karena itu, mempelajari Sirah Nabawiyah dianggap sebagai harga mati bagi siapa pun yang ingin mengembalikan kejayaan Islam.


“Islam mengajarkan adab kepada manusia, sehingga manusia tidak berperilaku bagai hewan. Demikian juga di SPI kita berkhidmat mempelajari adab dan ilmu sekaligus. Oleh karena itu, bercermin pada Sirah Nabawiyah adalah kajian awal yang sangat relevan,” ungkap Ade Candra, Koordinator Pusat #IndonesiaTanpaJIL.


Setelah pada periode sebelumnya hanya digelar di Jakarta, SPI #IndonesiaTanpaJIL pada periode ini membuka pendaftaran untuk wilayah Jakarta dan Bandung. Peserta yang sudah dinyatakan lulus seleksi untuk wilayah Jakarta adalah sebanyak 49 orang, sedangkan pendaftaran untuk wilayah Bandung masih dibuka hingga 28 Februari 2015. Informasi lengkap seputar SPI dapat diakses melalui akun twitter-nya, @SPITanpaJIL.*






Like Fanpage kami :

Thursday, February 26, 2015

Post a Comment
close