Biaya Haji Tahun ini Berpeluang Turun 7 Juta

hajiBANDUNG, Muslimdaily.net – Ongkos ibadah haji pada 2015, berpeluang turun hingga 600 US dolar atau senilai Rp 7 juta (kurs 1 dolar = Rp 12.000).


Demikian diungkapkan Ketua Panitia Kerja BPIH Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid kepada wartawan pada acara Sosialisasi kebangsaan tentang pancasila UUD negara RI 1945 NKRI Bhineka Tunggal Ika dengan PGRI Jawa Barat di Yayasan Darul Hikam Jalan Ir. Djuanda Kota Bandung, Selasa (3/3/2015).


“Kita sudah menghitung terkait ongkos ibadah haji tahun ini. Hitungan kami dengan Anggito abimanyu (mantan pejabat Kemenag RI, red) itu ada peluang biaya haji turun 600 dolar. Ini akan terus jadi pedoman kami untuk negosisisi dengan pemerintah,” ungkap Sodik.


Dikatakan dia, dari hasil penghitungan tersebut, ada beberapa sektor yang biayanya bisa diturunkan. Seperti di antaranya untuk biaya penerbangan karena harga avtur (bahan bakar pesawat) turun, efisiensi petugas haji, efisiensi cattering, pondokan, dan termasuk efisiensi transportasi darat.


“Begitu juga dengan biaya manasik haji dan buku, itu bisa diefisiensikan. Ongkos ibadah haji seharusnya bisa ditekan hingga 600 US dolar,” katanya.


Penurunan biaya haji sendiri sebetulnya merupakan usulan Panitia Kerja BPIH. Hal tersebut telah dihitung secara matang. Bahkan untuk meyakinkan hal tersebut Panja BPIH Komisi VIII DPR RI pun akan melakukan observasi ke beberapa mitra perusahaan kerjasama haji pada tanggal 13 Maret 2015 mendatang.


Termasuk melakukan kunjungan dengan mitra kerjasama yang ada di Arab Saudi. “Untuk memperkuat agumentasi itu, kita akan lakukan kunjungan ke mitra kerja haji di arab saudi,” katanya. Seperti dilansir pikiranrakyat.


Setelah dimatangkan evaluasinya, lanjut Sodik, maka hasil penghitungan pun akan dibandingkan dengan hasil evaluasi dari Panja Kementerian Agama RI. Rencananya, hal itu akan dilakukan pada rapat Panitia Kerja DPR dengan Panitia Kerja Kementerian Agama RI.


“Hasil penghitungan kami nantinya akan disinkronkan dengan hasil penghitungan Panitia Kerja Kementerian Agama. Yang jelas, peluang untuk penurunan biaya ibadah haji ini mencapai hingga 600 US dolar,” katanya.





Like Fanpage kami :

Tuesday, March 3, 2015

Post a Comment
close