Museum Smithsonian Larang Pengunjung Gunakan Tongsis

Berita Internasional Update

Galeri-galeri terbesar di Australia juga telah memberlakukan peraturan serupa.




Hidayatullah.com—The Smithsonian, kelompok museum dan riset terbesar di dunia, melarang pengunjungnya menggunakan tongsis yang kini populer di kalangan wisatawan pengguna kamera telepon genggam.


Tongsis (tongkat narsis, tongkoat eksis) alias tongkat selfie, digunakan para wisatawan untuk mengambil gambarnya sendiri dengan menggunakan kamera di ponsel. Tongkat bantuan itu pertama kali populer di kawasan Asia, lalu menyebar ke seluruh dunia. Namun belakangan, tongsis banyak dikecam karena dianggap mengganggu ketika dipergunakan di tempat-tempat keramaian publik.


“Kami mendorong para pengunjung museum untuk mengambil selfie dan membagikan pengalaman mereka, tetapi tinggalkan tongkat-tongkat selfie itu di dalam tas,” bunyi pernyataan Smithsonian seperti dikutip BBC (5/3/2015).


“Ini merupakan tindakan preventif untuk melindungi pengunjung dan obyek-obyek yang ada, khususnya ketika kondisi ramai pengunjung,” kata Smithsonian.


Kelompok museum paling terkemuka di dunia yang berbasis di Amerika Serikat itu menjelaskan bahwa kebijakan itu diambil tanpa ada peristiwa apapun yang melatarbelakanginya dan semata-mata sebagai tindakan pencegahan.


The Smithsonian terdiri dari 19 museum dan galeri yang terletak di ibukota Amerika Serikat, National Zoological Park dan sembilan pusat riset. Setiap tahunnya museum dan galeri yang dikelola Smithsonian kedatangan lebih dari 28 juta pengunjung.


Sebelumnya lembaga ini telah melarang pengunjung menggunakan tripod, monopod, serta membawa tas punggung berukuran besar.


Larangan serupa diterapkan belum lama ini bagi wisatawan yang berkunjung ke museum dan galeri di Amerika lainnya, seperti Metropolitan Museum of Art dan Modern Museum of Art di New York, Getty Center di Los Angeles, serta Cleveland Museum of Art.


Galeri-galeri terbesar di Australia juga telah memberlakukan peraturan serupa.


Tongsis bahkan dilarang dibawa oleh penonton pertandingan-pertandingan sepakbola di liga-liga besar Eropa, serta pertunjukan musik terbesar di benua itu semacam O2 dan Wembley Arena.


Namun, kebanyakan institusi kesenian di Eropa belum melarang tongsis. Museum Louvre di Paris dan Tate Museums di London masih memperbolehkan pengunjung berselfie dengan bantuan tongsis.


Tongsis juga masih bisa dipergunakan di Museum of Natural History di New York.*






Like Fanpage kami :

Wednesday, March 4, 2015

Post a Comment
close