Presiden Erdogan Didenda karena ‘Menghina’ Patung Perdamaian Armenia

Berita Internasional Update

Aksoy lalu menuntut Erdogan dengan tuduhan penghinaan atas karya seninya.




Hidayatullah.com—Kantor berita pemerintah mengabarkan bahwa pengadilan telah memutuskan Presiden Recep Tayyip Erdogan harus membayar uang 10.000 lira sebagai kompensasi kepada seorang seniman, yang patung karyanya dimaksudkan untuk menandai rekonsiliasi Tuki-Armenia disebut sebagai “benda besar aneh”.


Erdogan mengungkapkan ketidaksukaannya atas karya Mehmet Aksoy berupa patung besar yang diberi nama “Monumen Kemanusiaan” pada tahun 2011. Menyusul komentar Erdogan itu, pemerintah setempat kemudian melucuti patung yang didirikan di kota Kars dekat perbatasan dengan Armenia tersebut. Aksoy lalu menuntut Erdogan dengan tuduhan penghinaan.


Dilansir Associated Press, kantor berita Anadolu mengabarkan bahwa pengadilan memerintahkan Erdogan membayar denda itu sebagai kompensasi atas tekanan batin yang dialami Aksoy.


Turki dan Armenia tidak memiliki hubungan diplomatik dan saling bersitegang terkait masalah kematian orang-orang Armenia di masa akhir Kekhalifahan Utsmani, di mana banyak orang Armenia tewas dalam peperangan ketika wilayah itu memberontak ingin melepaskan diri dari kesultanan Islam. Bulan depan Armenia memperingati peristiwa tersebut yang terjadi 100 tahun silam.*


[1 lira Turki sekitar 5.100 rupiah]







Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Wednesday, March 4, 2015

Post a Comment
close