8 Tips Mengurangi Anggaran Selama Ramadhan

yes

RAMADHAN adalah bulan penuh berkah. Pada bulan Ramadhan ini biasanya harga-harga di pasaran kian melonjak. Kini saatnya para ibu rumah tangga mengatur anggaran mereka agar tidak bengkak. Maka dari itu kami memberikan tips praktis yang akan membantu Anda untuk mengontrol anggaran dan mengurangi pengeluaran selama bulan suci Ramadhan.

1. Merasionalisasi daftar belanjaan

Pada bulan suci Ramadhan ini, biasanya kita banyak membeli barang yang tidak terlau dibutuhkan, alhasil pengeluaranpun membengkak. Nah tips yang pertama ini adalah merasionalisasikan daftar belanjaan. Hapus hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan dalam daftar belanjaan Anda. Usahakan hanya barang-barang yang dibutuhkanlah yang terdapat pada daftar.

2. Mengatur anggaran perbelanjaan secara bertahap.

Siapkan daftar belanja Anda sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan untuk Ramadhan. Jangan pernah menambahkan item lain dalam daftar yang telah dibuat. Berbelanja secara bertahap, misalnya; produk yang dapat disimpan untuk waktu yang lama dapat dibeli pertama, seperti rempah-rempah, buah kering, dll.

3. Jangan tergiur dengan diskon.

Umumnya, supermarket bersaing untuk memberikan penawaran khusus sehingga kita tergoda untuk membeli lebih banyak, tetapi sebaiknya kita membeli apa yang kita butuhkan saja. dengan begitu anggaran masih bisa kontriol.

4. Mempunyai persediaan yang baik

Selama bulan Ramadhan kita harus mempunyai persediaan yang baik dalam kualitas maupun kuantitas makanan itu sendiri. Periksa kembali, apakah persediaan yang Anda beli sebelum Ramadhan masih baik atau tidak. Dengan mempunyai persediaan selama Ramadhan, kita bisa memperkecil anggaran rumah tangga.

5. Usahakan tidak menambahkan barang-barang yang kurang penting.

Biasanya tradisi Ramadhan tiap daerah berbeda-beda, ini menyebabkan banyaknya ibu rumah tangga yang membeli barang-barang untuk keperluan Ramadhan sesuai tradisinya. Pakailah barang-barang yang sudah ada untuk mengurangi pengeluaran.

6. Buatan sendiri

Usahakan ketika kita menyiapkan makanan untuk berbuka atau sahur, kita membuatnya sendiri. Selain untuk lebih menjaga kesehatan, juga bisa lebih menghemat pengeluaran selama Ramadhan.

7. Kualitas makanan

Perhatikan pula kualitas makanan untuk keluarga Anda. Perhatikanlah gizi makanan selama Ramadhan ini. Tidak harus banyak, namun berkualitas itu penting.

8. Jangan pernah lupa untuk membantu saudara anda

Terlepas jumlah pendapatan Anda, Anda harus tetap mengatur anggaran Ramadhan Anda dengan cara yang tepat. Mengatur pengeluaran agar tidak membengkak dan tidak melupakan berbagi dan peduli kita terhadap sesama di bulan bertabur pahala ini.

Semoga kita bisa mengatur pengeluaran kita selama Ramadhan dengan baik. Tidak mengikuti langkah setan untuk bersifat boros dan mampu merencanakan perbelanjaan dengan baik.[]

Sumber : http://www.onislam.net


islampos mobile :



Yuk Share :

Redaktur: Hidayatusaadah

from ISlampos



from
via Pusat Media Islam

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Friday, June 19, 2015

Post a Comment
close