Benarkah Tidur dalam Gelap Sebabkan Kegemukan?

Sinar lampu dapat mengganggu jam biologis tubuh yang seharusnya beristirahat pada malam hari.

Dream – Paparan sinar lampu pada saat tidur pada malam hari bisa memicu kenaikan berat badan. Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian terbaru Institute of Cancer Research di London.

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa wanita yang tidur dengan lampu menyala terang memiliki lingkar pinggang yang lebih besar dibanding mereka yang tidur dalam keadaan gelap.

Sebanyak 113 ribu wanita dilibatkan dalam penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology 29 Mei 2014 lalu. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menekankan tentang pentingnya tidur dalam keadaan gelap.

Menurut hipotesisnya, sinar lampu dapat mengganggu jam biologis tubuh yang seharusnya beristirahat pada malam hari. Dengan adanya paparan sinar lampu, otak dan syaraf dipaksa untuk kembali bekerja dan merespon apa yang terjadi di lingkungan sekitar.

Sinar terang mengubah mood, kekuatan fisik, dan cara kita memproses makanan dalam siklus 24 jam. Penerangan artifisial diketahui mengganggu jam tubuh dengan penundaan produksi hormon tidur melatonin.

Penasaran dengan penjelasannya lebih lanjut? Yuk selengkapnya Baca di sini 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Suka artikel ini ?

RELATED NEWS

from dream/Pusat Media Islam



from
via Pusat Media Islam
Like Fanpage kami :

Friday, June 19, 2015

Post a Comment
close