Bom Al-Qaeda Somalia Targetkan Diplomat UEA

Bom Al Shabaab Targetkan Diplomat UEA

Bom Al-Qaeda Somalia Targetkan Diplomat UEA

Mogadishu (lasdipo.co) – Mujahidin Al Shabaab Somalia berhasil melancarkan aksi isytisyhadiyah yang menyasar konvoi diplomat Uni Emirat Arab di Mogadishu, ibukota Somalia, tulis Al Arabiya, Kamis (25/6).

Sedikitnya enam orang tewas akibat ledakan ini. “Kami mengkonfirmasi kematian enam orang, empat di antaranya warga sipil akibat ledakan ini. Sementara enam orang lainnya terluka parah,” kata perwira polisi Hassan kepada AFP.

Dia mengatakan tidak ada diplomat UEA yang terluka dalam serangan itu. Pihak keamanan Somalia yang mengawal konvoi berhenti tatkala bom yang dibawa truk meledak.

Al Shabab yang berafiliasi dengan Al-Qaeda mengatakan, serangan ini pertama kali menyasar diplomat UEA di Somalia. UEA banyak membantu proyek-proyek pembangunan infrastruktur dan kemanusiaan di Somalia.

“Pasukan Al Shabaab melakukan serangan yang sukses terhadap delegasi pemerintah murtad Uni Emirat Arab,” kata pernyataan Al-Shabaab yang diunggah di sebuah situs.

“Ledakan itu sangat keras dan menghancurkan pick-up,” kata Bile Hassan, saksi.

Utusan PBB untuk Somalia, Nick Kay, mengecam aksi ini yang dinilainya sangat merugikan tersebut.

Kay mengatakan ia telah berbicara dengan Dubes UEA, Mohamed Al Osmani, yang tidak mengalami cedera dalam serangan itu.

Serangan Al Shabab merupakan uapaya pembalasan atas serangan pemerintah Somalia yang dibantu pesawat tak berawak, drone, milik AS, terhadap para petinggi Al Shabaab.

Somalia dilanda ketidak stabilan sejak runtuhnya rezim diktator Siad Barre pada 1991.

Pemerintah Somalia saat ini didukung oleh Angkatan udara yang kuat dan 2.0000 pasukan bantuan dari Burundi, Djibouti, Ethiopia, Kenya dan Uganda.

Rep: Muhammad Ishaq
Editor: Muhammad Ishaq

from lasdipo/Pusat Media Islam



from
via Pusat Media Islam

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Friday, June 26, 2015

Post a Comment
close