Serangan di Tunisia Tewaskan 39 Turis Asing, Daulah Bertanggung Jawab

KIBLAT.NET, Tunis – Daulah Islamiyah mengumumkan bertanggung jawab atas serangan berdarah pada Jumat (26/06) di sebuah hotel di provinsi Souesse di pesisir Tunisia. Dilaporkan sedikitnya 39 orang tewas, termasuk penyerang, dalam insiden itu.

Dilansir dari Al-Jazeera, pernyataan Daulah yang dirilis di situs jejaring sosial Twitter menyebutkan bahwa pelaku penyerangan bernama Abu Yahya Al-Qairuni. Dia berhasil masuk ke daerah target meski di bawah pengamanan ketat.

Pernyataan itu menunjukkan, sekira empat puluh orang tewas dalam serangan itu. Sebagian besar mereka wisatawan dari negara anggota koalisi Salibis, yang memerangi Daulah Khilafah.

Serangan itu sendiri terjadi di hotel Imperial Marhaban. Penjagaan di hotel itu terbilang ketat, terlebih setelah percobaan serangan bom pada 2013 silam.

Menteri Luar Negeri Inggris, Philip Hammond, mengonfirmasi lima warganya tewas akibat serangan tersebut. Ia menunjukkan, sebagian besar korban adalah warga Inggris.

Sementara itu, Departemen Dalam Negeri Tunisia menjelaskan penyerang menyusup ke hotel melalui pintu belakang. Dia menembaki turis Asing dan lokal yang ada di dalam hotel.

Sebelumnya, serangan yang menargetkan warga Asing terjadi di Museum bersejara di ibukota Tunisia. Pendukung Daulah Islamiyah diyakini berada di balik serangan yang menewaskan 22 orang itu.

Sumber: Al-Jazeera
Penulis: Hunef Ibrahim

(Kiblat/Pusat Media Islam



from
via Pusat Media Islam

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Friday, June 26, 2015

Post a Comment
close