Apa Saja Manfaat dari Berdoa? (1)

berdoa-274x300
BERDOA atau memohon kepada Allah adalah salah satu hal yang sangat penting bagi kita. karena pada hakikatnya hanya Allah yang mampu memenuhi segala kebutuhan kita dan mengabulkan keinginan kita. Jika orang lain akan marah ketika kita meminta kepadanya, lain lagi dengan Allah. Justru Allah sangat senang jika kita meminta kepada-Nya. Dan Allah telah memerintahkan kita memohon dan berdoa kepada-Nya.

“Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina.” (QS. Al-Mu’min: 60)

Sudah sangat jelas bahwa Allah memerintahkan kita untuk berdoa kepada-Nya. Ternyata Allah memerintahkan kita berdoa kepadanya, karena berdoa mempunyai beberapa manfaat bagi kita. di bawah ini akan dibahas apa saja manfaat kita berdoa.

1. Menyembuhkan segala penyakit

Doa memang bisa menyembuhkan. Pada tahun 1996 , Nancy Snyderman melakukan penelitian terhadap hubungan agama dan terapi penyembuhan penyakit. Kesimpulan yang ia dapat adalah terapi medis yang tidak diiringi dengan doa tidak akan bekerja maksimal. Begitu pun dengan doa yang tidak diiringi dengan terapi medis itu tidak akan terkabul.

2. Semakin dekat dengan Allah

Jika kita berdoa agar harapan kita dikabulkan Allah, keyakinan kita bahwa kita adalah makhluk Allah yang lemah akan bertambah. Kita akan semakin sadar bahwa kita sangat membutuhkan Allah dan kasih sayang-Nya. Kita juga akan semakin sadar bahwa amal yang kita lakukan selama ini begitu sedikit dan sama sekali tidak bisa dibanggakan. Pada akhirnya, kita akan terpacu untuk melakukan kebaikan lebih banyak lagi. Kesombongan dan perasaan bahwa apa yang kita miliki semata-mata karena usaha kita akan terkikis saat kita berdoa kepada Allah.

3. Semua keinginan akan dikabulkan

“Tidaklah seorang muslim memanjatkan doa kepada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat) melainkan Allah akan member kepadanya tiga hal : Allah akan segera mengabulkan doanya, Allah akan menyimpan bagi dirinya di akhirat kelak, dan Allah akan menghindarkan keburukan dan yang semisalnya darinya.” Para sahabat kemudian berkata, “Kalau begitu, kami akan memperbanyak doa.” Nabi Saw menjawab, “Allah nanti yang memperbanyak pengabulan doa-doa kalian.” (HR. Ahmad)

Jangan pernah bosan untuk berdoa kepada Allah. Karena Allah akan memberikan kebaikan kepada orang-orang yang senantiasa berdoa kepada-Nya. Setidaknya ada lima hal yang diterima oleh orang yang berdoa, yaitu :
• Allah segera mengabulkan doa orang tersebut, sehingga ia mendapatkan apa yang ia minta;
• Allah mengganti permintaan orang itu dan memberinya keselamatan dari bencana;
• Allah menjawab permintaan orang itu dengan ganti yang jauh lebih baik;
• Allah menunda pengabulan doa orang itu hingga waktu yang lebih tepat;
• Allah menunda pengabulan doa orang itu sampai ajal menjemputnya. Doanya menjadi simpanan di akhirat. []


islampos mobile :



Yuk Share :

Redaktur: Hidayatusaadah

from ISlampos



from
via Pusat Media Islam

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Friday, July 24, 2015

Post a Comment
close