Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

jantungJAKARTA, Muslimdaily.net – Sudah bukan rahasia lagi, puasa punya banyak manfaat bagi kesehatan. Termasuk bagi jantung, puasa bisa mengurangi risiko pembentukan plak yang menyumbat pembuluh darah.

“Selama puasa, asupan lemak jahat berkurang. Risiko pembentukan plak berkurang,” kata dr Lily Banonah Rivai, M.Epid, Kepala Sub Direktorat Jantung dan Pembuluh Darah Kementerian Kesehatan, dalam diskusi media di Hotel Grand Sahid, Setiabudi, Jakarta Selatan, seperti dikutip Rabu (1/7/2015).

Pembentukan plak, menurut dr Lily merupakan faktor risiko berbagai gangguan jantung maupun pembuluh darah. Plak yang menyumbat aliran darah ke jantung bisa memicu serangan jantung koroner, sedangkan jika menyumbat pembuluh darah di otak bisa memicu stroke.

Dilansir dar detik. Bagi pengidap penyakit jantung, tidak ada larangan untuk berpuasa selama kondisinya terkontrol. Oleh karenanya, sebelum dan selama berpuasa sangat disarankan untuk melakukan check up atau pemeriksaan rutin. Jika kondisinya sedang drop, tidak perlu memaksakan diri.

Hal yang sama juga berlaku bagi pengidap diabetes. Mengingat menu sahur dan berbuka didominasi oleh makanan dan minuman manis, maka kontrol gula darah sangat penting dilakukan agar kadar gula darahnya tidak melonjak. Waspadai pula tanda-tanda hipoglikemi atau gula darah turun terlalu rendah.

“Tanda-tanda hipoglikemi antara lain lemas, berdebar-debar, gemetar, dan terutama keringat dingin, biasanya sebesar jagung. Jika mengalami hal-hal tersebut, segera batalkan puasa,” pesan dr Lily.

from Muslimdaily/Pusat Media Islam



from
via Pusat Media Islam
Like Fanpage kami :

Wednesday, July 1, 2015

Post a Comment
close