WikiLeaks : Iran Ancam Turki Jika Ikut Serang Assad

WikiLeaks : Iran Ancam Turki Jika Ikut Serang Assad

WikiLeaks : Iran Ancam Turki Jika Ikut Serang Assad

Teheran (lasdipo.co) – Sebuah dokumen Saudi yang dikirim dari Kedutaan Saudi di Teheran (Iran) untuk Kementerian Luar Negeri, menjelaskan bahwa pemerintah Turki dituduh telah tunduk dengan kebijakan barat. Laporan ini menjelaskan bahwa alasan di balik sikap Iran menuduh Turki itu dikarenakan Istanbul terus mendukung pihak revolusi untuk menggulingkan Bashar Assad.

Laporan itu menyebutkan bahwa Teheran telah melakukan upaya untuk mencegah Turki dari dukungan terhadap revolusi Suriah, yaitu dengan mengirim delegasi khusus untuk memperingatkan Turki yang menyediakan pangkalan militernya untuk menyerang rezim Suriah.

Laporan ini juga mengisyaratkan bahwa pihak Iran dan Sekutunya kini telah membuat daerah concourse untuk melindungi rezim Syria dan salah satu tanda dari koalisi tersebut adalah kedekatan antara Suriah, Irak dan Iran.

Tiga minggu lalu, WikiLeaks telah memposting secara online 60.000 dokumen diplomatik Saudi. Sebagian besarnya adalah dengan menggunakan bahasa Arab.

Tidak ada yang bisa memverifikasi keaslian dokumen itu, meskipun WikiLeaks memiliki track record panjang tentang bocornya beberapa dokumen pemerintahan Negara-negara besar. Banyak dokumen yang memiliki kop surat hijau bertuliskan “Kerajaan Arab Saudi” atau “Kementerian Luar Negeri.”

Jika beberapa dokumen itu benar dan asli, maka hal ini akan memicu konflik antar negara dunia. Mereka juga menjelaskan beberapa persaingan lama antara Riyadh dengan Teheran. Dukungan untuk pejuang Suriah dan juga rezim yang didukung oleh militer Mesir, serta pelemahan pihak internasional terhadap program nuklir Teheran.

Rep: Muhammad Ishaq
Editor: Muhammad Ishaq

from lasdipo/Pusat Media Islam



from
via Pusat Media Islam
Like Fanpage kami :

Wednesday, July 1, 2015

Post a Comment
close