Ribuan Polisi dan Tentara Kabur, Taliban Kontrol Distrik Baru

KIBLAT.NET, Helmand – Mujahidin Taliban kembali merebut wilayah baru di selatan negara itu. Pasukan pemerintah melarikan diri setelah terlibat pertempuran berhari-hari menghadapi mujahidin Taliban.

Dilaporkan Reuters Arabic, Selasa (18/08), distrik Nao Zad di provinsi Helmand direbut Taliban. Wilayah itu sebelumnya menjadi medan tempur pasukan asing untuk mempertahankannya dari serangan Taliban.

Juru bicara pemerintahan di Helmand, Umar Zawak, mengatakan bahwa pasukan keamanan telah memindahkan kantor pemerintahan distrik Nao Zad ke wilayah yang lebih aman, sekitar tiga kilometer dari lokasi sebelumnya. Ia mengaku, hal itu untuk menghindari kerugian sipil.

“Banyak rumah warga berada di sekitar gedung pemerintahan. Sehingga dikhawatirkan mereka menjadi korban ketika Taliban menyerang,” aku Zawak seperti ditulis Reuters Arabic.

Sementara itu, seorang anggota parlemen provinsi Helmand mengatakan bahwa Taliban telah menduduki mayoritas distri Nao Zad. Kemenangan itu diraih setelah mereka menggulirkan pertempuran sehari di daerah strategis itu.

“Taliban menghancurkan gedung yang di dalamnya termasuk kantor pemerintahan daerah dan pusat komando polisi,” ujarnya.

Juru bicara polisi Nao Zad mengaku pertempuran di wilayahnya sangat sengit. Menurut keterangannya, hanya ada lima polisi yang tewas sementara dari pihak Taliban sebanyak 77 orang.

Di sisi lain, juru bicara Taliban Qari Yusuf Ahmad menegaskan bahwa pejuangnya sukses memaksa ribuan polisi dan militer kabur dari distrik Nao Zad. Pertempuran di distrik itu diluncurkan sejak Senin malam.

“Kami mengontrol distrik itu,” tegasnya seperti dilansir Reuters.

Anggota parlemen Helmand, Radhiyah Balush, menyebutkan pertempuran sengit berlangsung di distrik Nao Zad dalam beberapa pekan terakhir. Dia mengatakan bahwa distrik itu memang tidak diperhatikan pemerintah. Sehingga, mayoritas warganya mendukung Taliban.

Sumber: Reuters Arab, almoslim.net
Penulis: Hunef Ibrahim

(Kiblat/Pusat Media Islam



from
via Pusat Media Islam
Like Fanpage kami :

Wednesday, August 19, 2015

Post a Comment
close