Rezim Suriah Bakar Hidup-hidup 82 Orang, Media Bungkam, Dunia Bungkam




DAMASKUS–Dua lembaga Hak Asasi Manusia yang bekerja di Suriah, Syrian Network For Human Rights dan Euromid Observer For Human Rights, Rabu (18/02) lalu, merilisi laporan bersama yang menegaskan bahwa rezim Suriah telah membakar 82 orang hingga tewas sejak dimulainya revolusi pada 2011 silam.

Dua organisasi itu mengutuk sikap internasional dan media yang bungkam menyaksikan pembantaian itu, yang berbeda dengan sikap mereka terhadap Daulah Islamiyah.

Demikian lansir Kiblat.net yang memantau pemberitaan dari Al-Jazeera. Laporan itu menyebutkan bahwa rezim mengelak tuduhan membakar manusia hidup-hidup. Situs-situs online pro rezim juga menyebut pembantaian itu hanya bualan.

Begitu juga, televisi dan media rezim tidak menampilkan gambar kekejaman tersebut. Akan tetapi, tambah laporan tersebut, foto-foto pembantaian tersebut berhasil diabadikan oleh keluarga korban dan aktivis lokal.

Laporan yang dilansir banyak media itu menegaskan, berdasarkan bukti dan dokumen, bahwa pasukan Suriah dari militer dan keamanan serta milisi-milisi pendukung telah membakar 82 orang. Maksudnya, ke-82 orang itu dibakar hidup-hidup hingga tewas.

“47 dari korban itu adalah warga sipil, termasuk 18 anak-anak dan tujuh wanita, sementara 35 lainnya pejuang oposisi bersenjata. Kekejaman ini terjadi sejak awal revolusi pada pertengahan tahun 2011 silam,” tulis laporan tersebut, seperti dilansir Al-Jazeera.

Al-Jazeera mengatakan, statistik laporan tersebut melihatkan bahwa pembantaian tersebut dilakukan secara sistematis. Militer rezim melakukan itu dengan cara yang sama di kota-kota di Suriah selama empat tahun ini.

Kasus pembantaian kejih itu paling banyak terjadi di provinsi Hama. Sebanyak 38 orang dibakar hidup-hidup hingga tewas. Selanjutnya di provinsi Dier Zour, pedesaan Damaskus, Homs, Turtuz, Latakia dan Daraa.

Tidak hanya itu, laporan tersebut melihatkan militer Suriah membakar jasad-jasad warga Suriah setelah dibunuh. Jumlah mereka mencapai 773 jasad, termasuk di antaranya 146 wanita dan 69 anak-anak.
Like Fanpage kami :

Friday, November 20, 2015

Post a Comment
close