Saat Hari Kiamat Semuanya Hancur Kecuali 7 Hal Ini

Saat Hari Kiamat Semuanya Hancur Kecuali 7 Hal Ini

Pernahkah mendengar tentang hari kiamat? Pasti saat mendengarnya, yang terbesit adalah kehancuran seluruh alam dunia berikut isinya. Dalam Al Quran pun dijelaskan bahwa keadaan manusia saat itu seperti anai-anai yang bertebaran dan apa yang ada saat itu semuanya sudah dalam keadaan mati. Namun ternyata terdapat beberapa hal yang tidak hancur saat hari kiamat.

Anda tidak salah dengar....memang saat terompet sangkakala ditiup oleh malaikat Israfil, dengan kekuasaan Allah dan beserta ketetapanNya, beberapa hal berikut ini akan ada mesti yang lainnya telah tiada.

1. Surga Dan Neraka

Allah telah menjelaskan dengan gamblang bahwa saat hari kiamat tiba, neraka dan surga tidaklah hancur. Kondisi ini diabadikan dalam surat Hud ayat 106-108.

“Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di neraka. Di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih), mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki. Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam surga. Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain) sebagai karunia yang tiada putus-putusnya” (QS Huud 106-108)

Secara singkat bahwa Allah menjamin bahwa neraka maupun surga kekal meski yang lainnya telah binasa. Itu merupakan hak Allah dalam menetapkan sesuatu.

2. Arsy Allah SWT

Hal yang tidak akan hancur lainnya adalah Arsy yang memiliki arti singgasana Allah SWT. Jaminan Allah terhadap kekekalan Arsy terukir indah dalam Al Quran surat Az Zumar 74-75 yang berbunyi:

“Dan mereka berkata “Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janjiNya kepada kami dan telah memberikan tempat ini (surga) kepada kami sedang kami (diperkenankan) menempati surga dimana saja yang kami kehendaki. Maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal” Dan engkau (Muhammad) akan melihat malaikat-malaikat melingkar di sekeliling Arsy bertasbih sambil memuji Tuhannya, lalu diberikan keputusan diantara mereka (hamba-hamba Allah) secara adil dan dikatakan “Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam” (QS Az Zumar 74-75)

Masih banyak lagi hadist dan ayat Al Quran yang menerangkan tentang kekalnya Arsy dan Arsy bukan termasuk dari salah satu makhluk yang diciptakan selama kurun 6 hari serta tidak pula dibelah maupun dipecah.

3. Kursi Allah SWT

Tak hanya memiliki singgasana, Allah pun memiliki kursi. Hal ini telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW “Tidaklah langit yang tujuh dibanding kursi kecuali laksana lingkaran anting yang diletakkan di tanah lapang" (HR Ibnu Hiban)

Dengan kata lain, para ulama menyepakati bahwa yang tidak hancur saat hari kiamat adalah kursi Allah salah satunya. Wallahu ‘Alam seperti apa wujud dari kursi Allah tersebut.

4. Lauhul Mahfuzh

Catatan manusia selama hidupnya tercatat jelas dalam Lauh Mahfuzh. Ternyata Lauh Mahfudz termasuk dalam beberapa hal yang tidak akan musnah saat hari kiamat. Lauh Mahfuzh secara singkat merupakan kitab tempat Allah menuliskan segala yang ada di alam semesta ini.

“Tidak seorang pun yang ada di langit dan di bumi, melainkan terdapat dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)” (QS An Naml 75)

5. Qalam Atau Pena

Pena disini bukanlah pena yang kita lihat dan sering digunakan. Namun pena yang tidak akan hancur saat kiamat adalah pena Allah atau Qalam. Para ulama mengatakan bahwa Qalam merupakan makhluk pertama yang Allah ciptakan. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.

“ Sesungguhnya makhluk yang pertama kali Allah ciptakan adalah Al Qalam. Kemudian Allah berfirman kepadanya: Tulislah ! Kemudian Al Qalam berkata “Wahai Rabbku, apa yang akan aku tulis? Kemudian Allah berfirman “Tulislah takdir segala sesuatu sampai datang hari kiamat (HR Abu Dawud).

6. Tulang Ekor Manusia

Saat tubuh manusia hancur di hari kiamat tersebut, salah satu bagian tubuh manusia yaitu tulang ekor justru terlihat sebaliknya. Ini bukanlah sebuah karangan ataupun khayalan karena sesuai dengan hadist Rasul yang berbunyi “Tiada bagian dari tubuh manusia kecuali akan hancur (dimakan tanah) kecuali satu tulang yaitu tulang ekor. Darinya manusia dirakit kembali pada hari kiamat” (HR Bukhari).

7. Ruh

Meski ruh merupakan urusan yang Allah saja yang tahu, namun sifat ruh telah diterangkan oleh Allah sebagai salah satu yang tidak hancur meski terjadi kiamat. Ruh yang terdapat dalam diri manusia jika sudah waktunya meninggal maka akan dicabut dan dikembalikan lagi saat hari kebangkitan. Para ulama pun menyepakati tentang abadinya ruh manusia.

Memang jelas bahwa beriman kepada hari kiamat merupakan salah satu rukun iman yang wajib diyakini. Hal yang berhubungan dengan kiamat pun meski kita sadari dengan landasan Al Quran dan Sunnah Rasul.
Like Fanpage kami :

Friday, November 27, 2015

Post a Comment
close