Demi Keamanan, NATO Pasok Senjata ke Turki

Pesawat NATO Dukung Turki
Dalam menghadapi dan mengantisipasi kemungkinan terburuk mengenai ketegangan Rusia-Turki pasca penembakan pesawat Su-24 milik Rusia lalu, sejumlah negara anggota NATO kini tengah mengirim pesawat dan kapal perangnya ke wilayah Turki guna menguatkan kekuatan udara dan laut Turki dari ancaman musuh.

Inggris akan menyediakan pesawat untuk Turki yang ditempatkan di Pangkalan Udara Adana, sedangkan Jerman dan Denmark akan memasok kapal perintah untuk pasukan NATO di Mediterania. Spanyol juga akan menyediakan rudal Patriot di Turki selatan. Sementara itu, NATO akan berkomitmen menjaga wilayah Turki. Pasca jatuhnya pesawat perang Rusia, yang melanggar wilayah udara memicu peningkatan dukungan negara-negara anggota NATO yang sejak lama memiliki masalah dengan negara beruang putih.

“Ini adalah bentuk komitmen kami terhadap kerja sama kami selama ini, baik setelah dan sebelum insiden penembakan pesawat itu” ujar Stoltenberg, Menlu NATO di Brussel seperti yang dikutip Anadolu Agencypada Rabu (2/12).

“Saya pikir fokus sekarang harus pada bagaimana kita dapat menurunkan ketegangan, dan bagaimana kita dapat mengatasi kebutuhan untuk meningkatkan serta memperkuat mekanisme untuk menghindari insiden yang kita lihat minggu lalu,” kata Stoltenberg.

Pesawat-pesawat tempur Rusia sebelumnya melanggar wilayah udara Turki dua kali pada bulan Oktober. Insiden datang dalam beberapa hari dari awal kampanye udara Rusia di Suriah pada 30 September dan menyebabkan kecaman internasional. 
Like Fanpage kami :

Wednesday, December 2, 2015

Post a Comment
close