Hikmah Sholat Subuh bagi kesehatan


Orang yang melakukan shalat, secara tidak langsung ia tengah berolahraga. Mengapa demikian? Sebab, gerakan pada shalat memiliki khasiat khusus bagi kesehatan tubuh. Itulah sebabnya Allah memerintahkan kita untuk melaksanakan shalat. Selain sebagai bentuk cinta kita kepada-Nya, juga menjadi sarana memperbaiki kesehatan tubuh kita sendiri.

Shalat dalam sehari semalam hanya ada lima waktu. Dan terdapat waktu-waktu yang cukup sulit bagi kebanyakan orang untuk melaksanakannya. Salah satunya di waktu shubuh. Ya, pada saat ini manusia berada dalam keadaan lelap dari tidurnya. Sehingga, banyak orang yang kesiangan untuk melaksanakan shalat shubuh. Padahal, secara medis terdapat manfaat khusus dari shalat shubuh ini loh. Apakah itu?

Shalat shubuh dapat berperan dalam menyehatkan jasmani, di antaranya yaitu shalat shubuh dapat menormalkan kinerja saraf pusat dan dapat menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Mengutip penjelasan dari Ghazali dalam bukunya “Mukjizat Shalat Tahajud dan Shubuh” bahwa jika bisa melakukan shalat dalam keadaan khusyuk maka akan memberi dampak yang begitu besar pada saraf pusat. Pasca mengalami istirahatnya secara penuh maka saraf pusat akan kembali normal dan bekerja dengan bagus dalam mengatur organ dan sel-sel tubuh.

Bila mengacu pada keterangan tersebut dan jika dikaitkan dengan ktivitas shalat shubuh, maka shalat shubuh yang dilakukan dengan khusyuk merupakan menu olahraga pagi hari untuk saraf pusat yang sangat bagus bagi kesehatan. Shalat shubuh secara tidak langsung telah menormalkan kembali fungsi saraf. Jika saraf-saraf yang mengatur jalannya aktivitas sehari-hari mempunyai kondisi fisiologis yang normal maka dalam mengarungi aktivitas kesehariannya, semua bisa berjalan dengan bagus dan sempurna pula. []
Like Fanpage kami :

Friday, December 11, 2015

Post a Comment
close