Kejelekan- Kejelekan Lisan



   Lisan yang tidak terkontrol dan terkendali sangatlah berbahaya. Orang bisa saja bertengkar dan bermusuhan akibat lisan. Bahkan ada diantara mereka yang sampai saling membunuh akibat salah menggunakan lisan. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa menjamin bagiku untuk menjaga lisan dan kemaluannya, maka aku akan menjamin surga baginya.”

   Sebelum berbicara alangkah baiknya kita memikirkan akibat dari pembicaraan kita terlebih dahulu. Terkadang kita lebih baik diam daripada salah dalam mengunakan lisan. Rasulullah bersabda, “Barang siapa diam, ia pun selamat.”

   Apa- apa saja kejelekan yang dapat timbul oleh lisan tersebut:

   1. Bicara yang tidak ada faedahnya.
     Saat kita membicarakan hal- hal yang tidak ada manfaat dan faedahnya, kita hanya membuang- buang waktu kita. Rasulullah bersabda, “Termaksud kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan apa- apa yang tidak perlu baginya.”

   2. Berbicara berlebihan.
    Sungguh tidak ada gunanya saat kita berbicara hal- hal yang tidak berfaedah, mengulangnya, serta menambahnya dengan kata- kata yang lainnya. Tidak ada gunanya kita berlebih- lebihan memceritakan suatu hal. Rasulullah bersabda, “Beruntunglah siapa yang menahan lidahnya dari bicara yang berlebihan dan membelanjakan kelebihan hartanya.”

  3. Berbicara seputar kebatilan dan maksiat.
   Islam melarang kita untuk membicarakan kebatilan dan maksiat, seperti menceritakan keadaan- keadaan wanita dan orang- orang fasik.

  4. Berdebat dalam menyebutkan hal- hal terlarang.
    Rasulullah bersabda, “Barangsiapa tidak melakukannya perdebatan sedang ia berbuat benar, dibangunkannya baginya sebuah rumah di surga yang paling atas. Dan siapa tidak melakukan perdebatan sedang ia berbuat salah, dibangunkannya baginya sebuah rumah di surga bagian tepi.”

   5. Berkata keji dan memaki
    Sebagai umat islam kita harus bisa menjaga lisan kita supaya tidak berkata keji dan memaki sehingga tidak menimbulkan permusuhan dan pertengkaran.

   6. Mengejek- ngejek atau mengolok- ngolok
   Allah berfirman,”Janganlah suatu kaum mengejek kaum yang lain.” (QS. Al-Hujurat: 11)lain
   Buat apa kita mengejek- ngejek orang lain. Belum tentu kita lebih baik dari orang yang kita ejek
.
   7. Menggunjing orang lain
    Allah berfirman, “Dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Apakah salah seorang diantara kamu suka memakan daging saudaranya yang sudah mati?” (QS.Al-Hujuran: 12)
   Sebagai umat islam kita haris bisa menjauhi gunjing atau gosip walaupun hal tersebut benar. Serta bisa jadi kita menyebarkan fitnah akibat gosip yang tidak benar. 

   8. Menyebarkan rahasia.
   Saat orang mempercayakan rahasianya kepada kita, janganlah dengan mudah kita menceritakannya kepada orang lain. Rasulullah bersabda, “Pembicaraan diantara kamu itu amanat.”

  9. Berkata dusta
   Lebih baik agar kita selalu jujur kepada siapa pun di dunia ini. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya dusta adalah salah satu pintu dari pintu- pintu munafik.”

 10. Bergurau berlebihan
   Rasulullah bersabda, “Sungguh aku bergurau dan tidak mengatakan kecuali kebenaran.”

Penulis: Emalia Nora
Sumber: Buku Ringkasan Ihya' Ulumuddin oleh Imam Ghazali
Blog penulis: cahayaemalia.blogspot.com

Like Fanpage kami :

Friday, December 11, 2015

Post a Comment
close