4 Makanan Ini Sebabkan Tubuh Mudah Lelah



Salah satu tujuan dalam menyantap makanan ialah untuk mendapatkan energi agar tubuh bisa beraktivitas dengan optimal. Kadar kalori dan karbohidrat yang tepat dalam makanan akan memberikan energi pada tubuh, misalnya asupan karbohidrat sebelum berolahraga.

Hanya saja, asupan kalori atau karbohidrat yang tidak langsung dibakar dalam tubuh akan menyebabkan dua kemungkinan. Salah satu kemungkinannya ialah, tubuh akan mengalami rasa lelah dan mengantuk seketika. Kemungkinan lainnya, kelebihan energi yang ada akibat kalori atau karbohidrat tersebut akan tersimpan menjadi lemak dalam tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk memilah sumber makanan agar tubuh tidak dilimpahi dengan kelebihan kalori atau karbohidrat yang dapat membuat tubuh merasa lelah. Berikut ini ialah empat makanan yang dapat menyebabkan tubuh terasa lesu seakan kehilangan energi.

Bagel
Roti yang berbentuk seperti donat ini mengandung banyak sekali karbohidrat dengan sedikit serat. Padahal, serat berfungsi untuk mengolah karbohidrat agar menjadi energi bagi tubuh. Oleh karena itu, memakan bagel akan membuat tubuh merasa lelah, alih-alih bertenaga. Karena itu, bagel merupakan menu yang patut dihindari sebagai sarapan.

Kafein
Sering kali seseorang mengkonsumsi kopi agar kafein yang terkandung dalam kopi membuat mereka merasa segar dan 'melek'. Hanya saja, sedikit dipahami bahwa kafein sebenarnya hanya senyawa kimia stimulans yang dalam satu waktu dapat membuat tubuh merasa segar.

Akan tetapi, ketika efek tersebut hilang, kondisi tubuh akan kembali seperti semula, bahkan akan terasa lebih lelah. Pasalnya, ada banyak energi tubuh yang terpakai ketika efek kafein masih terasa oleh tubuh.

Sereal
Semangkuk sereal mengandung banyak karbohidrat yang dengan seketika dapat membuat tubuh merasa tidak berenergi. Keadaan akan lebih 'buruk' ketika sereal yang dikonsumsi merupakan sereal yang mengandung gula cukup banyak.

Gula dalam sereal akan menghasilkan insulin dalam tubuh, di mana insulin ini kemudian akan menghasilkan asam amino triptofan pada otak. Hal ini akan membuat tubuh merasakan kantuk yang sulit dihindari.

Ceri
Buah ceri atau sari buah ceri memiliki efek yang secara alami mendorong tubuh dalam menghasilkan hormon melatonin. Hormon ini berfungsi untuk membantu tubuh dalam mengatur siklus tidur. Oleh karena itu, buah ini bukan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi di pagi dan siang hari karena akan menyebabkan rasa kantuk, dikutip dari Foxnews.

sumber: republika
Like Fanpage kami :

Thursday, January 28, 2016

Post a Comment
close