Kecewa PBB, Oposisi Suriah Tidak Mau Hadiri Negosiasi Damai



RIYADH - Oposisi Suriah menuturkan, mereka tidak akan hadir dalam negosiasi damai dengan pemerintah Suriah. Alasannya, mereka menilai PBB, yang bertugas sebagai mediator lebih condong kepada Rusia dan Iran, yang merupakan sekutu dari pemerintah Suriah di bawah pimpinan Bashar al-Assad.

Selain itu, menurut juru bicara oposisi Suriah, Riyad Hijab, mereka juga tidak akan menghadiri negosiasi damai itu jika tuntutan mereka tidak dipenuhi. Tuntutan pihak oposisi adalah penghentian sementara di Suriah.

"Oposisi tidak akan berpartisipasi dalam pembicaraan jika tuntutan kemausiaan kami belum terpenuhi, yaitu dihentikannya pemboman dan kelaparan penduduk sipil di daerah yang saat ini terkepung," ucap Hijab.

"Kami juga tidak akan berpartisipasi dalam pembicaraan Jenewa jika ada kelompok ketiga," sambungnya dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Al Arabiya pada Jumat (29/1).

Negosiasi damai Suriah sendiri dijadwalkan digelar pada hari ini. Kemarin, utusan khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura, yang juga bertanggung jawab atas negosiasi ini menuturkan bahwa negosiasi damai akan tetap berjalan, dan mereka tidak memiliki rencana untuk kembali menundanya.

sumber: sindonews
Like Fanpage kami :

Thursday, January 28, 2016

Post a Comment
close