Lima negara Pemilik nuklir terbanyak di Dunia



Awal tahun ini, dunia dihebohkan dengan nuklir, mulai dari tes nuklir Korea Utara, hingga yang paling baru perjanjian nuklir Iran.

Nuklir memang menjadi senjata paling maut sejagat saat ini. Negara-negara yang memiliki nuklir dianggap sebagai negara yang sangat kuat.

Sejak 1945, sudah ada 2.051 uji coba nuklir yang dilakukan manusia. Yang terakhir adalah uji coba bom hidrogen milik Korea Utara.

Meskipun termasuk kecil, bom hidrogen Korut berhasil mengguncang dengan getaran sebesar 5,1 SR. Berbeda dengan uji coba pertama kali yang menghasilkan ledakan setara 20.000 bom TNT.

Berdasarkan Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm, ada sembilan negara yang memiliki nuklir di dunia. Jika dijumlahkan, total nuklir yang ada di dunia mencapai 16.300 buah.

Berikut lima negara dengan nuklir terbanyak yang berhasil dirangkum merdeka.com dari berbagai sumber:

1. Inggris

Inggris berada di urutan kelima negara dengan nuklir terbanyak di dunia. Berdasarkan Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm, total nuklir yang dimiliki Inggris mencapai 225 buah.

Inggris melakukan percobaan nuklir pertama pada 1952. Negeri Ratu Elizabeth ini memiliki hulu ledak sebanyak 160 buah, dan alat ledak lainnya, 65 buah.

Tujuan Inggris memiliki nuklir adalah sebagai senjata penangkal Rusia. Hal ini mereka lakukan karena Inggris tidak mau tergantung seutuhnya pada uluran tangan AS.

2. China

China merupakan negara keempat dengan nuklir terbanyak. Negara dengan jumlah tentara terbanyak sejagat ini memiliki sekitar 250 bom atom.

Pertama kali melakukan uji coba nuklir pada 1964, dalam operasi '596'. China kemudian menguji coba bom hidrogen pada 1967.

Tujuan China membuat nuklir tentunya untuk mewaspadai ancaman dari Amerika Serikat dan Rusia. Negeri Tirai Bambu ini mengaku memiliki kebijakan yang memberi jaminan jika China hanya akan menggunakan nuklir saat musuh menyerang.

3. Prancis

Negeri penuh cinta ini juga rupanya memiliki nuklir. Sebanyak 300 hulu ledak nuklir dimiliki Prancis, yang menjadikannya sebagai negara ketiga terbanyak nuklir.

Negara ini mulai mengembangkan senjata nuklirnya pada 1960 dalam sebuah operasi bernama 'Gerboise Bleue'. Prancis mengembangkan nuklir mereka dengan menjalankan riset sendiri.

Negeri Menara Eiffel ini pertama kali menguji coba bom hidrogen pertama pada 1968 dalam operasi Canopus.

4. Amerika Serikat 

Amerika Serikat hanya berada di urutan kedua pemilik nuklir terbanyak di dunia. Meskipun begitu, negara ini merupakan negara pertama di dunia yang mengembangkan senjata nuklir.

Pengembangannya dikerjakan semasa Perang Dunia II bekerja sama dengan Inggris dan Kanada. Hingga saat ini, AS punya 7.300 total jumlah nuklir.

Pertama kali meledakkan nuklir pada eksperimen 'Trinity' pada 1945. Tak lama berselang dari uji coba tersebut, AS menjatuhkan dua bom nuklir mereka untuk mengalahkan Jepang pada PD II.

5. Rusia

Negara dengan Presiden Vladimir Putin ini menjadi juara dalam kepemilikan nuklir di dunia. Total 8.000 nuklir dimiliki oleh Negeri Beruang Merah ini.

Rusia pertama kali menguji coba senjata nuklir mereka pada 1949 dengan bom atom RDS-1. Untuk meningkatkan nuklir mereka, Rusia kemudian menguji bom hidrogen pertamanya RDS-37 pada 1957.

Rusia memiliki nuklir untuk menyeimbangi Barat sepanjang Perang Dingin. Rusia sendiri memiliki bom dengan daya ledak terkuat yang pernah diledakkan, yaitu Tsar Bomba.

sumber: merdeka.com
Like Fanpage kami :

Sunday, January 24, 2016

Post a Comment
close