LUAR BIASA..ini Pengaruh Bahasa Arab Terhadap Eropa



Sama seperti peran bahasa Latin kepada kebanyakan bahasa Eropa, bahasa Arab menyumbangkan banyak kosakata kepada bahasa-bahasa di dunia Islam. Pada Abad Pertengahan, bahasa Arab merupakan bahasa utama ilmu pengetahuan dan politik. Interaksi pada masa itu membuat beberapa bahasa Eropa turut meminjam ratusan kosakata bahasa Arab.

Pengaruh bahasa Arab paling mendalam tampak pada negara-negara mayoritas Islam atau yang pernah dikuasai Islam. Sebut saja, dalam bahasa Kurdi, Persia, Swahili, Urdu, Hindi, Turki, Melayu, dan Indonesia. 

Kebanyakan istilah agama yang digunakan oleh Muslim seluruh dunia adalah pinjaman dari bahasa Arab. Kendati demikian, pengaruh bahasa tidak kurang banyak dalam bahasa-bahasa di belahan bumi Eropa. Sebagian besar pengaruh tersebut bermula dari ekspansi Islam ke Semenanjung Iberia.

Sebuah buku bertajuk Arabic in World Languages yang dipublikasikan The King Abdul Aziz Center dalam rangka UN Arabic Language Day, mendokumentasikan pengaruh bahasa Arab dalam delapan bahasa dunia, yaitu Spanyol, Italia, Prancis, Inggris, Jerman, Turki, dan Indonesia. Yang pertama, bahasa Spanyol. 

Penaklukan Muslim pada 711 M (mulai abad 8-15M) menyisakan warisan penting yang terus hidup dalam khazanah budaya masyarakat Spanyol. Adopsi bahasa Arab ke dalam bahasa Spanyol berlangsung selama kurang lebih delapan abad kekuasaan Muslim di sana. Hal itu memberikan kontribusi besar dalam kosakata Spanyol modern.

Yang paling mudah ditelisik ialah kata-kata yang dimulai dengan al, seperti algebra atau alcoba (kamar tidur). Kemudian, ada kata jefe dari kata khalifa (chief), dan fulano dari kata fulan (seseorang). 

Dalam tingkat lain, tulis R. Penny dalam A History of the Spanish Language, bahasa Arab juga mempengaruhi ekspresi dan ungkapan-ungkapan seperti si Dios quiere (Insya Allah). Menurut terbitan The King Abdul Aziz Center, jumlah kosakata pinjaman Arab dalam bahasa Spanyol mendekati 1500 lema. Namun, ada pula yang memprediksi jauh lebih besar hingga angka 3000-4000 lema.

Bahasa Arab juga memberi pengaruh terhadap bahasa Italia. Interaksi kedua bahasa itu bermula dari ekspansi kekuasaan Islam di wilayah selatan Italia dan hubungan perdagangan di kawasan utara. Jumlah kosakata pinjaman Arab dalam bahasa Italia mendekati 300 kata. 

Berikutnya, jumlah kosakata bahasa Arab yang diadopsi ke dalam bahasa Prancis mendekati 400 lema. Pengaruh Arab dalam bahasa ini berasal dari hubungan perdagangan, interaksinya dengan bahasa Spanyol dan Latin Pertengahan, serta diaspora orang-orang Arab dalam beberapa dekade terakhir.

Pengaruh bahasa Arab dalam bahasa Jerman juga berasal dari bahasa perantara, seperti bahasa Prancis dan Latin Pertengahan. Kosakata serapan bahasa Arab dalam bahasa Jerman diperkirakan mendekati 200 lema.

sumber: republika

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Tuesday, January 12, 2016

Post a Comment
close