Nafsu Makan Anak Turun, Bunda Coba Hal Ini



NAFSU makan anak-anak sering naik dan turun. Anak-anak juga sering sekali pilih-pilih makanan. ​Ini membuat para bunda khawatir akan asupan gizi. Banyak penyebab mengapa anak-anak sering mengalami nafsu makan naik dan turun. Salah satunya bentuk dan warna makanan. Yang memiliki pengaruh besar pada nafsu makan mereka.​ ​​

Satu ​jenis ​makanan ​saja​ tidak dapat memenuhi kebutuhan setiap anak. Hal ini dikarenakan setiap anak memiliki keunikan tersendiri. Alih-alih mencari kelompok bahan makanan tertentu, cobalah untuk memahami keinginan anak Anda. Setelah Anda tahu, Anda dapat menyiapkan makanan yang sesuai. Berikut ini beberapa tips sederhana yang dapat tingkatkan nafsu makan anak yang dilansir dalam Boldsky.

1. Warna
Warna memainkan bagian penting dalam hidup kita dan anak-anak sangat menyukai warna. Nasi putih terlihat sangat membosankan, Anda dapat memberikan warna nasi dengan bayam, wortel, kunyit atau sedikt saus tomat. Warna alami nasi ini bisa membantu tingkatkan selera makan dibandingkan nasi yang berwarna putih. Sajikan dengan aneka lauk kesukaannya agar si kecil tak menolak makan.

2. Aroma
Aroma atau bau makanan selalu mempengaruhi selera makan, terutama saat memasak. Aroma yang gurih dari makanan atau aroma lelehan keju bisa meningkatkan selera makan anak. Sebaiknya, konsumsi makanan ketika baru matang. Tak hanya rasanya yang enak, tapi aromanya juga masih nikmat.

3. Bentuk
Sepotong roti biasanya dibuat dalam bentuk persegi atau persegi panjang. Akan tetapi ketika Anda membuat sandwich, bentuknya bisa berubah jadi segita, lingkaran atau bintang. Anda bahkan dapat memotongnya seperti donat dengan menggunakan cetakan. Selain roti, aneka buah-buahan juga bisa dibentuk menarik dengan cetakan khusus makanan yang berbentuk unik. Cetakan ini bisa Anda beli di toko perlatan kue atau sawalayan.

4. Nama
Setelah menyajikan makanan yang enak dan menarik, cobalah memberikan nama yang mudah diingat dan menarik untuk makanan. Dan jika Anda dapat bisa, sebaiknya rangkai cerita yang berhubungan dengan makanan. Hal ini akan terdengar lebih menarik. Karena anak-anak memiliki kebiasaan yang unik dan perlu di ‘rayu’ dengan beragam cara agar ia tertarik untuk makan. Yang terpenting, ciptakan suasana nyaman dan menyenangkan.

sumber: islampos
Referensi: http://m.detik.com/food/read/2016/01/18/091010/3120584/1345/warna-dan-bentuk-makanan-bisa-pengaruhi-nafsu-makan-anak
Like Fanpage kami :

Monday, January 18, 2016

Post a Comment
close