Tips Mempertajam Ingatan, agar Tidak Cepat Lupa



Menjengkelkan memang jika mendapati diri lupa melakukan atau mengingat sesuatu, apalagi jika itu adalah hal yang sangat penting. Lupa menaruh barang, lupa mengerjakan sesuatu, terlebih lupa pada janji dengan orang lain. Tak hanya diri sendiri, orang di sekeliling kita pun bisa jadi jengkel dengan sifat pelupa kita. 

Sebagaimana diketahui, otak merupakan salah satu organ terpenting bagi manusia yang berfungsi sebagai pusat kendali tubuh. Termasuk diantara tugas otak ialah merekan memori. Nah, seperti bagian tubuh lainnya, otak juga bisa mengalami penurunan fungsi. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan. Berbagai cara ini juga dapat menjaga dan meningkatkan daya kerja otak.

Olahraga ringan yang teratur

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik berupa olahraga ringan dapat melindungi sel-sel otak. Aktivitas fisik yang sederhana seperti lari di pagi hari atau senam ringan, lebih baik daripada berdiam diri. Lakukan latihan ini 30 menit setiap hari. Dalam penelitian itu juga menunjukkan, orang yang terlalu banyak duduk memiliki penyusutan hipokampus (bagian dari otak besar yang berperan pada kegiatan mengingat) dibanding orang yang rutin berolahraga.

Rajin membaca dan menulis

Kemampuan mengingat dapat terjaga dengan sangat baik pada orang-orang yang sering membaca dan menulis. Oleh karenanya, mulai sekarang tingkatkan kebiasaan membaca, juga jangan segan menuliskan kembali apa yang kita dapat dari seminar, kajian, dan berbagai forum keilmuan yang kita ikuti.

Menjaga kesibukan

Sibuk lebih baik daripada banyak waktu luang. Ya, beberapa penelitian yang melihat pada mereka yang disebut "Super Agers", yakni orang yang tetap memiliki kognitif tajam hingga usia tua, mendapati bahwa rata-rata mereka mempunyai satu faktor yang sama, yakni aktif bergaul dan memiliki kehidupan sosial yang baik.

Jika kita telah selesai dengan pekerjaan kita, jangan berdiam diri di rumah. Banyak kegiatan-kegiatan positif di sekitar kita yang sangat bermanfaat untuk kita ikuti. Selain menambah banyak teman dan sebagai ajang silaturrahiim, tetap aktif dalam kesibukan yang positif terbukti efektif mempertajam daya ingat.

Mengontrol gula darah

Gula darah yang tinggi atau diabetes dapat mempercepat proses penurunan kognitif.  Dalam sebuah laporan ditemukan bahwa orang dengan diabetes atau bahkan pra-diabetik pada usia 50-an lebih mungkin untuk mengalami penurunan kognitif dibandingkan dengan mereka yang mempunyai kadar gula darah yang sehat.

Mengonsumsi minyak zaitun

Rutin mengonsumsi minyak zaitun tidak hanya melindungi jantung, tetapi juga otak. Sebuah kegiatan penelitian meminta seorang relawan untuk  secara khusus mengonsumsi beberapa sendok minyak zaitun setiap hari. Hasilnya, dalam tes yang mengevaluasi kecepatan berpikir, dia berhasil melakukannya dengan jauh lebih baik.

Konsumsi ikan

Ikan merupakan sumber omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan otak. Menurut studi observasi, makan ikan dua kali seminggu dapat memiliki efek positif pada struktur dan fungsi otak. Hal ini juga akan menunda timbulnya gejala penurunan fungsi otak.

Mulai sekarang, mari upayakan untuk melaukan cara-cara sederhana di atas, agar jika kita termasuk kategori orang yang pelupa hal itu dapat segera ditanggulangi. Bagi yang tidak, cara sederhana tersebut insya Allah akan makin mempertajam daya ingat yang ita miliki.

(Haifa HR)
Like Fanpage kami :

Sunday, January 31, 2016

Post a Comment
close