Sering Terjadi Kebingungan Perbedaan Jin, Iblis dan Syaitan, Ininih Perbedaannya



Tahukah anda bahwa terdapat perbedaan antara setan, iblis, dan jin? Mungkin sebagian dari kita tidak mengetahui bahwa sesungguhnya ketiga makhluk itu berbeda, atau bahkan ada sebagian yang tidak mengerti mengenai makhluk-makhluk tersebut? Ketiga makhluk tersebut adalah makhluk-makhluk yang sering disebut dalam al-Qur’an, makhluk hidup selain hewan, tumbuhan, manusia, dan bukan juga termasuk dalam golongan malaikat. Untuk mengetahui apa yang bisa membedakan ketiga makhluk tersebut, maka kali ini kita akan bersama-sama membahasnya dengan seksama.

Mungkin banyak yang tidak tahu mengenai beda antara setan, jin, dan iblis, padahal mereka semua hidup di sekitaran kita manusia, dan mungkin juga menghirup udara yang sama. Karena dari itu dirasakan perlu mengetahui perbedaan antara ketiga makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT ini.

• Jin
Beberapa kali dalam al-Quran, Allah SWT menyebutkan kata-kata “jin”, dan bahkan ada sebuah surat yang diberi nama makhluk tersebut, yaitu surat al-Jin. Dari al-Qur’an, diketahui bahwa Jin itu sebagai berikut:

1. Penciptaan jin dari api
Perbedaan mendasar antara jin dan manusia adalah manusia diciptakan oleh Allah SWT menggunakan tanah, sementara jin menggunakan api. Hal ini disebutkan lewat surat al-Hijr ayat 27 yang menuliskan bahwa jin diciptakan dari api yang luar biasa panasnya, dan surat ar-Rahman ayat 15 menegaskan penciptaan jin menggunakan nyala api.

2. Beberapa jin menganut agama Islam
Sama seperti manusia, jin juga menganut agama masing-masing. Seperti dituliskan pada surat al-Jin ayat 11 yang artinya bahwa di antara para jin juga ada yang saleh dan yang tidak, karena mereka mengikuti jalannya masing-masing.

• Iblis
Ketika ingin mencari perbedaan setan, iblis, dan jin terutama antara jin dan iblis mungkin agak sulit mengingat iblis sendiri adalah sebuah makhluk yang jenisnya jin, seperti yang tertulis dalam al-Qur’an. Diceritakan juga bahwa dulunya iblis adalah seorang jin yang amat dekat kepada Allah SWT, namun ia menjadi durhaka dan ingkar kepada Allah SWT setelah nabi Adam diciptakan, hanya karena ia merasa lebih tinggi derajatnya mengingat ia dicipta dari api.

Kelebihan yang jadi pembeda iblis dibandingkan dengan jin-jin lainnya adalah ia tidak bisa mati sama sekali hingga kiamat tiba, hal ini juga dituliskan pada surat al-Araf ayat 14 hingga 15 dan pada surat Shaad ayat 79 hingga 81. Iblis juga memiliki keturunan, tapi keturunan dari iblis tidak ada yang memiliki kemampuan untuk hidup abadi hingga akhirnya kiamat tiba dan mengakhiri semua yang bernyawa di dunia, untuk kembali kepada Allah SWT.

• Setan
Menurut al-Qur’an, setan adalah makhluk yang buruk, dimana pekerjaannya meliputi mengajak manusia untuk berbuat kebatilan seperti berbohong dan semacamnya. Jika iblis merupakan jin dan jin adalah makhluk selain manusia, maka setan lebih cocok dijuluki kepada sifat seseorang baik jin dan manusia. Adapun karakteristik khusus mereka adalah:

1. Musuh manusia
Pada surat al-Baqarah ayat 208 tertulis bahwa kita yang beriman wajb masuk ke dalam Islam dan memusuhi setan.

2. Bisa berwujud sebagai manusia
Surat al-An’am ayat 112 menuliskan bahwa tentang setan jin dan manusia.

3. Sering mengajak kepada kebatilan
Melihat surat al-Baqarah ayat 169, tertulis bahwa setan hanya mengajak pada perbuatan keji.

Nah, dengan penjelasan tadi diharap kita kini mengetahui tentang perbedaan setan, iblis, dan jin. [reportaseterkini]
Like Fanpage kami :

Monday, February 22, 2016

Post a Comment
close