Subhanallah, Ternyata Semakin Banyak Anak Buat Ibu Makin Awet Muda



Banyak anak banyak rejeki. Pepatah orang tua dahulu ada benarnya, karena masing-masing anak yang lahir ke dunia memiliki rezekinya sendiri-sendiri yang diberikan oleh Allah Swt. Jadi tidak diragukan lagi, bahwa makin banyak anak, makin banyaklah rejeki sebuah keluarga.

Selain menjadi sebab banyaknya rezeki, memiliki banyak anak juga memberikan dampak positif lain bagi para Ibu, yakni hal tersebut menjadi faktor yang menjadikan para ibu lebih awet muda.

Jangan percaya jika memiliki banyak buah hati menjadikan perempuan lebih cepat menua? Baru-baru ini, sebuah studi dirilis untuk membantah persepsi tersebut.

Para peneliti menemukan bahwa semakin banyak jumlah anak justru akan membuat perempuan lebih awet muda. Alasannya ialah karena dengan banyaknya melahirkan, penuaan biologis bisa melambat. 

Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Simon Fraser, Kanada, dengan melibatkan 75 perempuan asal Guatemala serta mengumpulkan data jumlah anak yang dilahirkan oleh responden.

Demi menemukan kaitan antara jumlah anak dan tingkat penuaan biologis, peneliti menganalisa panjang sel telomere setiap perempuan. Telomere merupakan sel yang terdapat di ujung setiap untai DNA yang berhubungan dengan penuaan dan umur panjang.

Untuk mengetahui panjang telomere para responden tersebut, peneliti mengambil sampel air liur dan DNA dari bagian dalam pipi. Sampel dikumpulkan pada saat penelitian hingga 13 tahun kemudian.

Studi tersebut lantas melihat hubungan langsung antara panjang telomere dan jumlah anak, hasil penelitian menunjukkan, bahwa perempuan yang melahirkan anak akan memiliki telomere yang lebih panjang. Semakin panjang telomere, maka akan semakin lambat penuaan biologis.

Para peneliti percaya, bahwa hasil ini dapat dijelaskan oleh dua faktor. Pertama, ibu menerima sejumlah besar dukungan sosial dari teman dan keluarga, ini dapat membuat tubuh mencurahkan lebih banyak energi untuk menjaga dan memelihara jaringan tubuh, oleh karena itu proses penuaan biologis bisa melambat

Penjelasan kedua, hormon estrogen meningkat secara signifikan selama kehamilan. Para peneliti percaya hormon tersebut bertindak sebagai antioksidan. Estrogen dapat melindungi sel-sel ibu terhadap pemendekan telomere.

Islam dan Kaitan dengan Banyaknya Anak

Menjadi awet muda memang bukan tujuan utama Muslimah bersemangat unuk memiliki anak yang banyak. Demi mewujudkan banyaknya generasi yang akan melanjutkan risalah Nabi Muhammad Saw itulah yang semestinya memotivasi kaum Muslimah untuk tak membatasi jumlah kelahiran buah hatinya.

Disamping itu, Rasulullah Saw sendiri juga menganjurkan umatnya agar berupaya memiliki banyak keturunan sebagaimana sabda Beliau Saw,

“Nikahilah perempuan yang penyayang dan dapat mempunyai anak banyak, karena sesungguhnya aku akan berbangga dengan sebab banyaknya kamu di hadapan para Nabi nanti pada hari kiamat” (Shahih Riwayat Ahmad, Ibnu Hibban dan Sa’id bin Manshur dari jalan Anas bin Malik)

Nah, para Ibu, siapkan Iman, Ilmu, dan fisik kita seoptimal mungkin. Dan jangan takut memiliki banyak anak dengan membatasi kelahiran buah hati. Agar makin banyak generasi di muka bumi yang menjunjung tinggi kalimatullah. Bonusnya, sebagaimana hasil penelitian di atas, Ibu jadi awet muda dengan banyak anak di sekelilingnya. (Haifa HR) 

sumber:suara-islam
Like Fanpage kami :

Tuesday, February 2, 2016

Post a Comment
close