Ingin Ungkap Kematian Siyono, Muhammadiyah Lakukan Autopsi terhadap Jasad Siyono


www.dakwahmedia.net - Pihak keluarga telah meminta Muhammadiyah untuk mengadvokasi kasus kematian Siyono. Besok rencananya tim dokter Muhammadiyah akan melakukan autopsi untuk mengungkap penyebab kematian pria asal Klaten tersebut bersama Komnas HAM.

“Mereka (keluarga) menyampaikan permohonan kepada Muhammadiyah untuk mengadvokasi apa yang terjadi dengan Siyono, yang menurut mereka dilakukan seara tidak adil,” kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjunta.

Dahnil, yang saat dihubungi berada di Yogyakarta, mengungkapkan bahwa pihak keluarga Siyono menginginkan dilakukannya pengungkapan kematian Siyono. Mereka kemudian mempercayakan Muhammadiyah membentuk tim independen agar sebab kematian pria asal Klaten itu terang benderang.

Seperti diketahui Siyono ditangkap Densus 88 dalam pada Selasa (08/03) dalam kondisi sehat. Ditangkap atas dugaan terkait terorisme, pria yang dikenal sebagai aktivis masjid itu dipulangkan dalam kondisi tak bernyawa.

Polisi menyebut Siyono meninggal karena terkena benda tumpul saat melawan polisi yang mengawalnya. Jasad bapak empat anak itu kemudian diserahkan pada keluarga tanpa proses autopsi. Sebelum penguburan keluarga mendapati sejumlah luka di beberapa bagian tubuh Siyono.

“Akhirnya Muhammadiyah memutuskan akan melakukan autopsi terhadap jenazah Siyono di Klaten,” ujar Dahnil.

Dahnil menerangkan bahwa proses autopsi akan dilakukan oleh para dokter dari rumah sakit Muhammadiyah. Autopsi akan dilakukan bersama Komnas HAM, yang sebelumnya mengindikasikan adanya pelanggaran hak asasi manusia terkait kematian Siyono. Sebelumnya, Kapolri pun telah mempersilakan untuk dilakukan autopsi terhadap Siyono.

“Pihak Muhammadiyah lebih independen untuk melakukan penemuan fakta apa yang terjadi dengan Siyono,” pungkasnya.

Dahnil menerangkan bahwa Muhammadiyah juga telah mempersiapkan pengamanan selama proses autopsi. Personil Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) akan diterjunkan ke lokasi autopsi. [Kiblat/DakwahMedia]
Like Fanpage kami :

Tuesday, March 29, 2016

Post a Comment
close