Alam Semesta Membutuhkan Islam


www.dakwahmedia.net - Realita dunia Islam saat ini sangat terasa bahwa Islam semakin terasingkan bahkan umat muslim sendiri pun banyak yang tak paham mengenai Islam sendiri. Kondisi umat yang saat ini terpuruk dalam krisis multidimensional yang berkepanjangan dan tiada akhir. Kesempitan penghidupan dan moral manusia yang semakin terdegradasi sangatlah jauh dari gelar “khairu ummah” atau umat terbaik yang Alloh sematkan pada umat Islam. Selain karakteristik umatnya, ajaran Islam juga disematkan gelar sebagai Islam Rahmatan lil ‘Alamin. Tertulis dalam firman Allah Swt:

Tiadalah Kami mengutus engkau (Muhammad) melainkan sebagai rahmat bagi alam semesta (QS al-Anbiya’ [21]: 107).

Berdasarkan ayat tersebut, Alloh dengan jelas mendudukkan posisi Islam sebagai “Islam Rahmatan lil ‘Alamin” yang memiliki makna Islam disini hadir untuk menjadi rahmat bagi alam semesta. Islam ada tak hanya sekedar mengatur urusan bagi ummat muslim saja, tetapi ia hadir untuk memberikan rahmat bagi seluruh alam. Karena pada hakikatnya Islam sendiri merupakan agama yang diturunkan oleh Allah Swt kepada Nabi Muhammad Saw untuk mengatur interkasi manusia dengan Tuhannya, dirinya, dan sesamanya.

Islam hadir dengan seperangkat aturannya yang telah Allah buat untuk mengatur kehidupan manusia. Apa-apa yang ada pada Islam sudah Allah rancang untuk menjawab segala problematika umat. Realita sekarang kita terlalu sibuk dengan hal-hal yang semakin memisahkan Islam dengan kehidupan kita (sekulerisme). Hal tersebut membuat kita lupa akan peran Islam sebagai rahmat bagi alam semesta. Manusia menciptakan berbagai macam sistem buatan dengan iming-iming kesejahteraan, tetapi lupa bahwa Allah Swt sudah dengan jelas membuat sistem yang tak ada tandingannya. Islam, tak hanya sekedar agama yang mengajarkan spiritual, tetapi juga membahas persoalan seperti ekonomi, pendidikan, politik, pergaulan, dan lainnya. Dari sinilah kesempurnaan Islam terlihat dan komprehensifnya aturan yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Garis besarnya adalah segala kesejahteraan yang didambakan seluruh umat manusia dapat diwujudkan dalam konsep Islam Rahmatan lil Alamin yang merupakan efek dari diterapkannya syariat Islam, serta Syariat Islam yang kaffah hanya mampu tertuang dalam institusi penerap hukum Islam yakni Khilafah Islam yang mengikuti metode kenabian.

Oleh karena itu, perlu bagi kita menyuarakan Islam kembali. Sama halnya seperti yang dilakukan Rasulullah Saw dan para sahabatnya dengan menebarkan Islam untuk kesejahteraan manusia, alam, dan kehidupan. Ingatlah bahwa seluruh alam telah merindukan Islam untuk hadir kembali. Wallahu a’lam bish-shawab.

Oleh : Risa Assyifa 
Like Fanpage kami :

Wednesday, April 20, 2016

Post a Comment
close