GOLONGAN KIRI & BALASAN ATAS MEREKA (BAGIAN2)


Surat Al Waqi’ah 49-56: GOLONGAN KIRI & BALASAN ATAS MEREKA (bagian2).

Golongan Kiri, yang terdahulu dan kemudian. Mendapat makanan  pohon Zaqqum dan minuman dari Air yang sangat panas. Cara minumnya seperti unta   berpenyakit.

(قُلْ إِنَّ الْأَوَّلِينَ وَالْآخِرِينَ)

(49). Katakanlah: sesungguhnya orang-orang terdahulu dan orang-orang kemudian .
(Artinya, diberitahukan kepada mereka wahai Muhammad bahwa orang-orang yang terdahulu dan yang kemudian, dari anak keturunan Nabi Adam semuanya akan dikumpulkan pada hari Kiamat, tidak ada seorang pun yang luput,  untuk digiring dan dihitung segala amalnya).

(لَمَجْمُوعُونَ إِلَىٰ مِيقَاتِ يَوْمٍ مَعْلُومٍ)

 (50) benar-benar akan dikumpulkan di waktu tertentu pada hari yang dikenal.
(yaitu hari yang telah ditentukan, tidak bisa ditunda dan juga tidak bisa dimajukan. Tidak bisa ditambah dan tidak bisa dikurangi).

Dalam Surat Hud 103-104 dijelaskan:

(ذَٰلِكَ يَوْمٌ مَجْمُوعٌ لَهُ النَّاسُ وَذَٰلِكَ يَوْمٌ مَشْهُودٌ. وَمَا نُؤَخِّرُهُ إِلَّا لِأَجَلٍ مَعْدُودٍ)

“hari kiamat itu adalah suatu hari yang semua manusia dikumpulkan untuk, dan hari itu adalah suatu hari yang disaksikan. Dan Kami tidak mengundurkannya, kecuali sampai waktu   tertentu”.

(ثُمَّ إِنَّكُمْ أَيُّهَا الضَّالُّونَ الْمُكَذِّبُونَ)

(51) kemudian sesungguhnya kalian wahai orang-orang yang sesat lagi mendustakan.

(yakni kaum Kafir Mekkah yang mendustakan hari kebangkitan).

(لَآكِلُونَ مِنْ شَجَرٍ مِنْ زَقُّومٍ)

(52) benar-benar akan memakan pohon dari zaqqum.
(Mereka dibelenggu dan dibakar hingga mereka makan pohon Zaqqum, yakni pohon yang sangat buruk, yang tumbuh di dasar neraka. Ulama lain berpendapat bahwa pohon Zaqqum adalah sejenis pohon kecil, dengan dedaunan yang sangat busuk aromanya. Getahnya mengakibatkan bengkak bila tersentuh manusia).

(فَمَالِئُونَ مِنْهَا الْبُطُونَ)

(53) dan akan memenuhi dengannya perutmu.
(Pohon zaqqum itu memenuhi perut mereka, karena mereka sangat kelaparan).

(فَشَارِبُونَ عَلَيْهِ مِنَ الْحَمِيمِ)

(54) Maka kalian akan meminum minuman yang sangat panas. (الحميم  ) adalah air yang sangat mendidih.

(فَشَارِبُونَ شُرْبَ الْهِيمِ)

(55 )Maka kalian minum seperti minumnya unta –yang sangat haus--   (الهيم ) adalah unta yang sangat haus dan tidak bisa segara harus minum karena penyakit yang mendera. Bentuk tunggalnya ( أهيام ).
Abu Su’ud berkata: “Ahli neraka itu mengalami lapar yang memaksa mereka untuk memakan pohon Zaqqum. Setelah mereka memenuhi perut mereka dengan zaqqum yang sangat panas dan pahit, mereka mengalami haus yang memaksa mereka untuk meminum air yang sangat panas yang memutuskan usus-usus mereka. Mereka meminumnya sebagaimana unta-unta yang menderita penyakit,  sehingga tidak menyebabkan kesegaran karenanya. Seperti itulah yang dilakukan oleh penduduk neraka ini. As Suddi berkata: Hiim adalah penyakit yang membuat unta tidak pernah merasa hilang dahaganya hingga ia mati.

(هَٰذَا نُزُلُهُمْ يَوْمَ الدِّينِ)

(56) Itulah yang diturunkan –sebagai hidangan—pada hari Pembalasan.

(Artinya, yang telah Allah gambarkan diatas adalah jamuan mereka di sisi Rabb pada hari Pembalasan. Inilah suguhan suguhan bagi mereka di hari kiamat. Ayat ini mentertawakan mereka. Ash-Shawi berkata: “Makna asal Nuzuul adalah hidangan yang dipersiapkan untuk para tamu pada saat tiba.  Karena itu,menyebut Zaqqum sebagai hidangan untuk mereka adalah mentertawakan mereka ). [H. Luthfi H]
Like Fanpage kami :

Thursday, April 28, 2016

Post a Comment
close