Bagaimana Kondisi Suriah Saat Ini? Dewan Provinsi Aleppo Umumkan Keadaan Darurat


www.dakwahmedia.net - Dewan Provinsi Aleppo, Ahad (01/05), mengumumkan keadaan darurat di kota terbesar kedua Suriah itu. Sementara serangan udara masih intens sehingga menyebabkan banyak warga melarikan diri.

Dewan yang dikelola oposisi Suriah itu mengatakan, langkah tersebut diambil untuk melindungi warga Suriah dari serangan sengit militer rezim dan Rusia.

Ahad kemarin merupakan hari kesepuluh Aleppo digempur militer Suriah dan sekutunya. Dilaporkan sebanyak 235 orang tewas dan ratusan luka-luka.

Warga sipil, rumah sakit, fasilitas kesehatan dan publik tak luput dari sasaran. Gempuran itu terjadi di saat situasi kemanusiaan di kota tersebut semakin memburuk.

Serangan Intens

Sebelumnya, wartawan Al-Jazeera melaporkan jet tempur Suriah menggempur daerah Shalat Leiramon dan sekitar kota Kafr Hamrah di pedesan Aleppo. Serangan pada malam hari itu juga menargetkan pusat kota Aleppo.

Tidak cukup tiga daerah itu, desa dan kota-kota yang dikontrol pejuang Suriah di Aleppo juga mengalami hal serupa. Situasi sangat mencekam dan banyak warga ketakutan.

Serangan itu menyebabkan kota Aleppo hancur. Puluhan keluarga pagi-pagi buta meninggalkan rumah menuju daerah aman. Biasanya mereka menuju perbatasan Turki-Aleppo.

Pemerintah setempat, Ahad pagi, mengumumkan meliburkan seluruh sekolah yang ada di Aleppo. Sementara sejumlah pemilik toko masih ada yang membuka kiosnya, meski tidak banyak.

Sebelumnya, untuk pertama kalinya Dewan Syariah kota Aleppo meliburkan shalat Jumat. Hal itu untuk menghindari perkumpulan yang memancing serangan jet tempur sehingga menimbulkan banyak korban di satu waktu dan tempat.

Situasi keamanan di kota tersebut juga semakin memburuk. Hal itu diakibatkan pusat-pusat pelayanan medis tutup. Para petugasnya takut mereka menjadi sasaran. Petugas medis dan klinik termasuk target utama serangan udara jet tempur Suriah.

Sejumlah sumber melihat bahwa rezim Suriah berusaha memaksa warga Aleppo meninggalkan kampung halaman mereka melalui serangan udara sengit sebelum meluncurkan serangan udara merebut kota tersebut.

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Monday, May 2, 2016

Post a Comment
close