Katanya NKRI Harga Mati, Tetapi Aktivis Separatis Bebas Dari Hukuman


www.dakwahmedia.net - 27 aktivis gerakan pro-kemerdekaan Papua, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Sorong yang sempat ditahan selama sehari di Mapolres Sorong Kota, pada Senin 2 Mei 2016 lalu akhirnya dibebaskan.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Sorong Kota AKP Dodi Pratama mengatakan, ke-27 aktivis KNPB Sorong tersebut dipulangkan karena tidak ada pasal kriminal atau Pasal UU KUHP yang dapat menjerat mereka.

"Alasannya tidak ada pasal makar yang dapat kami sangkakan dan menjerat mereka, tapi mereka kami data. Mereka dipulangkan sendiri-sendiri," ujar Kasat Reskrim AKP Dodi Pratama, di ruang kerjanya, Selasa (3/5/2016).

Namun begitu, pihaknya menyita bendera KNPB, pamflet bintang kejora, buku saku, serta puluhan atribut yang digunakan para aktivis KNPB untuk berunjuk rasa.

"Beberapa barang yang tidak berkaitan kami kembalikan, namun tetap dalam pengawasan kami," tuturnya.

Kepada para aktivis yang dibebaskan, pihaknya mengimbau agar tidak lagi melakukan perbuatan yang melanggar undang-undang dan melawan NKRI, seperti mengampanyekan Papua merdeka.

Sebelumnya, 27 aktivis dan simpatisan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) ditangkap aparat Polresta Sorong, karena menggelar demo terkait kemerdekaan Papua tanpa izin.

"KNPB merupakan kelompok terlarang oleh negara yang menyuarakan isu Papua merdeka. Mereka sudah diberikan peringatan, tapi tidak diindahkan," kata Kapolresta Sorong AKBP Karimuddin Ritonga, Senin (2/5/2016).

Seluruh aktivis dan simpatisan yang diamankan ini kemudian dibawa ke kantor polisi untuk dimintai keterangan terkait aksi tersebut. Mereka dibawa ke Mapolresta Sorong.

"Dalam pembubaran tersebut, sejumlah orang sempat menolak untuk dibubarkan yang membuat aparat kepolisian bertindak tegas dengan membubarkan paksa aksi mereka," terangnya.

Usai dibubarkan, aparat melakukan penyisiran ke markas KNPB yang berada tidak jauh dari lokasi demo. Sejumlah barang bukti berupa spanduk dan dokumen terkait Organisasi Papua Merdeka (OPM) berhasil diamankan.

Komite Nasional Papua Barat (disingkat KNPB) adalah sebuah kelompok Masyarakat papua yang berkampanye untuk kemerdekaan Papua dan Papua Barat.
Like Fanpage kami :

Wednesday, May 4, 2016

Post a Comment
close