Syariah Islam Wujudkan Reformasi Secara Total


Oleh : Novi Purnawati

Mei 18 tahun yang lalu tepatnya tanggal 21 Mei 1998 telah menjadi puncak penantian panjang para pejuang reformasi Indonesia. Ditandai dengan lengsernya presiden Soeharto dalam masa jabatannya selama 32 tahun.

Reformasi adalah perubahan terhadap suatu sitem yang telah ada pada suatu masa, yang pada saat itu bertujuan untuk menjatuhkan kekuasaan Soeharto atau era orde baru diganti dengan era reformasi saat ini. Adapun tujuan dari reformasi saat itu untuk menjadikan Indonesia menjadi lebih baik dalam segala aspek kehidupan. Baik dalam aspek politik, ekonomi, social, dan pendidikan. Dan apabila ditelaah seharusnya saat ini Indonesia sudah menjadi Negara yang makin tangguh dalam segala aspek pasca reformasi tersebut.

Tetapi Indonesia saat ini justru tetap dalam keadaan yang labil dalam segala aspek. Dalam politik saat ini disibukkan dengan carut marut politik yang mengedepankan kepentingan kelompok, dan individu. Dalam aspek ekonomi malah keadaan ekonomi masyarakat dengan taraf ekonomi menengah atau kebanyakan kian terhimpit, dipusingkan dengan semakin melonjaknya harga kebutuhan pokok. Dalam aspek social malah justru makin maraknya tindak criminal dalam masyarakat dipicu dengan berbagai alasan. Sedang dalam aspek pendidikan saat ini membutuhkan modal besar untuk mencapai jenjang pendidikan yang layak.

Jadi dapat dilihat perubahan apa yang terjadi pasca reformasi yang digaungkan 18 tahun yang lalu. Menjadi lebih baikkah Indonesia saat ini ?

Setelah dicermati reformasi Indonesia tidak berdampak pada perubahan kondisi yang lebih baik dikarenakan reformasi tidak didasarkan pada perubahan system menggunakan syariah islam, maka reformasi hanya berhasil meruntuhkan kejayaan atau kekuasaan orde baru saja. Reformasi yang tidak menyeluruh dan mengganti system pemerintahan saat ini dengan menggunakan syariah islam akan hanya menghasilkan keuntungan pada sebagian kelompok dan pihak yang berkuasa, serta tidak akan menyelesaikan problematika yang dirasakan oleh seluruh masyarakat dan mewujudkan kemaslahatan bagi seluruh masyarakat.

Solusi untuk menyelesaikan problematika yang terjadi pada masyarakat saat ini dan untuk mewujudkan kemaslahatan seluruh masyarakat tanpa memandang jabatan, kedudukan, taraf ekonomi, dan siapa orang yang berkuasa saat itu tak lain dan tak bukan adalah dengan mereformasi menerapkan hukum yang bersumber dari Allah SWT. Hukum islam, syariah islam, dimana islam mengatur hubungan manusia dengan sang pencipta, dengan dirinnya sendiri, dan dengan sesama. Dan semua dapat dilaksanakan oleh semua individu dengan peranan Negara di dalamnya.

Maka jelas bahwa Islam akan mewujudkan rahmat bagi seluruh alam. Islam adalah rahmat bagi seluruh umat di tengah kehidupan saat ini dan masa dating, sebagaimana terbukti pada masa lalu dalam sejarah kaum muslim. Dengan menerapkan syariah islam secara menyeluruh dalam bingkai khilafah rasyidah yang mengikuti manhaj kenabian.

Hanya dengan menerapkan hokum islam maka akan terwujud perbaikan dalam seluruh aspek kehidupan, serta menebarkan kebaikan, keadilan dan kemakmuran untuk seluruh manusia. Islam Rahmatan lil ‘Alamin. Wallahu a’lam bi ash shawab. [DakwahMedia]
Like Fanpage kami :

Sunday, May 22, 2016

Post a Comment
close