Penelitian : Ternyata Merokok membuat Pria Menjadi bodoh




Bagi Anda para pria yang memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya Anda berhenti sekarang juga, sebab penelitian terbaru membuktikan bahwa pria yang aktif merokok ternyata mengalami penurunan kognitif atau kapasitas kecerdasan otak. Selama ini perokok memang dikenal sebagai penyebab meningkatnya jumlah penderita demensia (penurunan fungsional akibat kelainan pada otak), namun ternyata merokok juga mempengaruhi kecerdasan mereka.

Penelitian yang telah dilaporkan ke dalam jurnal Archives of General Psychiatry ini melibatkan 5.099 pria dan 2.137 wanita dengan usia rata-rata 56 tahun dan membandingkan hasil tes kognitif yang mereka jalani selama aktif merokok.

Hasil dari penelitian ini pun menunjukkan bahwa pria mengalami penurunan kecerdasan, begitu juga mantan perokok yang baru saja menghentikan kebiasaannya menghisap tembakau. Selain itu, mantan perokok yang telah berhenti merokok beberapa tahun yang lalu juga sempat mengalami penurunan kapasitas kecerdasan, namun penurunan tersebut tidak terlalu drastis jika dibandingkan dengan para perokok aktif.

"Akhirnya penelitian kami menunjukkan bahwa kebiasaan merokok dan tingkat kecerdasan saling berhubungan, terutama perokok berusia lanjut, yang selama ini selalu dianggap tidak penting dibandingkan dengan risiko meninggal dan yang lainnya," tutur salah seorang peneliti Severine Sabia, Ph.D., dari University College London, seperti yang dikutip dari India Times (29/03).

Uniknya, para wanita tidak mengalami penurunan kapasitas kecerdasan seperti pria meskipun mereka juga sedang dan pernah aktif merokok. Para ahli menduga hal ini mungkin disebabkan karena kadar tembakau yang dihisap pria jauh lebih banyak daripada wanita. (Merdeka/dakwahmedia)
Like Fanpage kami :

Friday, June 17, 2016

Post a Comment
close