Ramadhan Keenam Konflik Suriah, Setengah Juta Warga Hidup dalam Blokade


www.dakwahmedia.net -  Enam Ramadhan telah berlalu, namun suara dentuman rudal, baku tembak, serta ledakan bom masih saja menghantui warga Suriah. Bagi lebih dari setengah juta jiwa rakyat Suriah tahun ini jadi makin sulit karena mereka harus hidup dalam blokade.

Hingga saat ini tercatat masih ada sekitar 535.000 jiwa yang hidup dibawah blokade, sepeti dilansir Al Arabiya, Ahad (05/06). Dari angka itu sebanyak 50 ribu diantaranya berada di Madaya, sementara 325 ribu lainnya di Ghouta Timur.

Sebanyak 40 ribu warga Suriah terjebak di Muadhamiyah dan Deraya. Sementara di kamp pengungsi Yarmuk dan Hijr Al Aswad (Damaskus) terdapat 60 ribu pengungsi, dan 15 ribu lainnya di Al Waer (Homs). Pusat kota Deir Az-Zour masih ditempati 20 ribu orang, serta 25 ribu warga Suriah tetap bertahan di Fuah dan Kefraya (Idlib).

Pada Mei lalu tercatat bantuan kemanusian yang masuk ke Suriah telah disalurkan kepada sekitar 160 ribu warga sipil. Akan tetapi, ada sekitar satu juta warga yang hidup diambang kelaparan, karena berada di dalam wilayah yang blokade rezim di Aleppo.

Kondisi makin parah menyusul serangan rezim yang memotong jalur Al Castelo. Jalur itu merupakan satu-satunya rute yang tersisa untuk menyalurkan logistik bagi 500 ribu warga sipil yang tinggal di sana. [Kiblat/DakwahMedia]
Like Fanpage kami :

Monday, June 6, 2016

Post a Comment
close